Terpilih sebagai Duta Pendidikan Pelajar Tingkat Jatim, Yudha Pamungkas Menuju Seleksi Nasional

0
208

Satu lagi siswa SMA Negeri 2 Ngawi yang baru saja terpilih menjadi Duta Pendidikan Pelajar Tingkat Provinsi Jawa Timur. Adalah Yudha Pamungkas, siswa kelas XI IPA 4 yang akan berangkat mewakili Jawa Timur menuju Pemilihan Duta Pendidikan Pelajar Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Bandung, Juli mendatang.

Kegiatan yang diadakan oleh Ikatan Pemuda Prestasi Indonesia itu akan diselenggarakan di Topaz Galeria Hotel Bandung. Yudha saat ini sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti proses karantina mulai 14 Juli hingga 16 Juli 2017 nanti.

Dalam ajang pemilihan Duta Pendidikan Pelajar Tingkat Nasional ini, sebagai perwakilan dari Jawa Timur selain Yudha ada 2 perwakilan lagi yakni dari Malang dan Mojokerto.

Bukan hanya Duta Pendidikan Pelajar Jatim saja yang sudah disandangnya, Yudha juga merupakan 5 besar Duta Wisata Ngawi (Dimas Diajeng Kabupaten Ngawi 2016). Yudha pernah menjadi Ketua Kontingen Jawa Timur dalam Kemah Pendidikan Karakter di Cipanas, Bogor. Selain itu Yudha juga aktif dalam organisasi sekolah, ikut berbagai kegiatan kepemudaan seperti kader anti narkoba, dan kegiatan lainnya.

Dalam proses seleksi tingkat Jawa Timur, Yudha harus membuat esai mengenai pendidikan. Berdiskusi dengan Bu Sinta selaku Guru Bahasa Indonesia di sekolah, muncullah ide tema tentang “Gerakan Literasi Sekolah Kunci Meningkatkan Minat Baca di Indonesia.”

Yudha pun bukan hanya melakukan penelitian di perpustakaan sekolah, dia juga menyambangi perpustakaan daerah Kabupaten Ngawi dan Pusat Baca di Ngawi. Selain itu, inspirasi kuat juga muncul dari Ibunya, Yayuk Trijaswati yang demi memajukan anak didiknya rela membuka bimbingan belajar untuk umum dengan pembayaran seadanya.

Tidak jarang pula Yudha membantu ibunya dalam membimbing anak didik di rumahnya, di Desa Manisrejo, Kecamatan Ngrambe. Hal itu semua dilakukan atas dasar meningkatkan kualitas sumber daya manusia pelajar di Ngawi. Yudha berharap dalam ajang tingkat nasional ini, dia bisa membawa SMA Negeri 2 Ngawi lebih berkibar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here