Tim Intelektual Beri Apresiasi Siswa Giat Berliterasi di Hari Guru Nasional 2023

0
215

SMADANGAWI – Kemampuan berliterasi peserta didik berkaitan erat dengan tuntutan keterampilan membaca yang berujung pada kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif. Hal ini menjadikan alah salah program intelektual yaitu Gerakan Literasi Sekolah (GLS) setiap pagi.

Kegiatan rutin setiap pagi ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca. Materi baca berisi nilai-nilai keagamaan, budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap jenjang atau Angkatan pada peserta didik.

SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia memiliki peran penting dalam menanamkan budaya literasi pada peserta didik. Oleh karena itu, sekolah memiliki budaya literasi yang tinggi, peserta didik akan cenderung lebih berhasil dan guru lebih bersemangat mengajar.

Kegiatan Literasi di SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia telah berjalan dengan baik sesuai dengan Visi dan Misi. Kegiatan ini dikelola oleh Tim Intelektual merupakan gabungan dari Guru-guru Bahasa dan Guru-guru bidang lainnya.

Setiap bulan selalu ada rekapan sebagai peningkatan dan evaluasi hasil litrasi masing-masing peserta didik. Selanjutnya, hasil rekapan tersebut terdapat apresiasi berwujud Pelopor Literasi Peserta Didik dan Kelas.

Berikut ini bentuk apresiasi GLS SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia bulan November yaitu: (1) Pelopor Literasi Peserta Didik: Winda Paramita (X-7), Exza Axsiska Putri (X-5), dan Kurniawan Edy Wibowo (X-5) dan (2) Pelopor Kelas: Kelas X-3 dan XI-6.

Winda Paramita (X-7)
Exza Axsiska P (X-5)
Kurniawan Edy W (X-5)

“Harapannya dengan pemberian apresiasi peserta didik dan kelas seperti ini dapat meningkatkan dan menumbuhkan rasa literasi oleh anak-anak untuk lebih meningkatkan rasa kepedulian terhadap literasi,” ucap Tjahjono Widarmanto, M.Pd. selaku Koordinator Tim Intelektual.

Lebih lanjut, GLS seperti ini tetap dipertahankan dan selalu mendapat dukungan dari sekolah agar para peserta didik mampu untuk peningkatan literasi sejak dini.

Mari wujudkan Sekolah GLS untuk mencetak generasi calon pemimpin bangsa yang berinovasi dan berdedikasi! Salam Literasi! (VSC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × three =