45 Siswa Smadangawi Ikuti Diklat Resimen Taruna Tahun 2022

0
812
Foto : Dok. Smadangawi

SMADANGAWI – Tahun ajaran 2022/2023, SMA Negeri 2 Ngawi tampil dengan wajah dan nama baru menjadi SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia. Dengan program unggulan IMER (Intelectual, Military, English, Religious).

Military sebagai salah satu program unggulan untuk menciptakan divisi penegak kedisiplinan yaitu Resimen Taruna (Mentar) Smada.

SMA Negeri 2 Ngawi dalam mewujudkan gerak langkah Taruna Indonesia dengan mengadakan kerjasama nota kesepahaman (MOU) dengan Yon Armed 12 Kostrad dalam memberikan pendidikan karakter dan latihan kedisiplinan siswa.

Kegiatan diklat dilaksanakan pada 5-7 Juli 2022 diikuti oleh 45 siswa kelas X dan XI dengan pola rekruitmen terseleksi oleh tim divisi military. Dalam upacara penyerahan peserta langsung oleh kepala SMAN 2 Ngawi Agus Supriyono, M.Pd. kepada pelatih atau pendamping diklat.

Foto : Dok. Smadangawi

Tujuan diklat untuk meningkatkan potensi diri setiap siswa serta mampu mengajarkan kedisiplinan dalam mengerjakan hal yang bermanfaat.

Juga meningkatkan daya kreativitas setiap siswa dan menciptakan hubungan yang erat agar setiap siswa mampu bekerja sama mengelola kedisiplinan.

Pola seleksi Resimen Taruna Smada dilakukan dengan tahap seleksi administrasi, seleksi performa dan kemampuan intelektual.

Selama 3 hari, peserta digembleng dengan pembekalan materi, pembinaan fisik, pelatihan kedisiplinan dan tanggungjawab, pendidikan semi militer serta snapping dan outbond.

“Saya merasa sangat bersyukur bisa bergabung dengan anggota resimen taruna Smada dan selama diklat kepemimpinan di Yon Armed 12 Kostrad mendapat banyak pengalaman dan materi,” kesan Mentar Putra Danny Christian H.

“Diklat tersendiri banyak keluh kesah serta susah senangnya yang mengajarkan saya banyak hal bagaimana tetap menjaga kekompakan dan selalu tolong menolong terhadap sesama,” tambahnya.

Sementara itu Mentari Putri Dita Nur A juga menyampaikan bahwa Pendidikan Latihan Resimen Taruna Indonesia SMAN 2 Ngawi salah satu pengalaman istimewa baginya. Banyak momen berkesan yang dilalui dari hari pertama hingga hari terakhir. Fisik dan juga mental benar-benar dilatih, dibina juga ditempa.

“Tidak hanya itu saja, disiplin dan juga kekompakan harus kami lakukan selama pelatihan,” ujarnya.

Foto : Dok. Smadangawi

Ia pun merasa senang, semangat, meskipun mengaku sedikit tegang. Menurutnya, banyak ilmu bermanfaat yang diberikan untuk Resimen Taruna yang harus sudah siap dibagikan ilmu-ilmu tersebut kepada Taruna Taruni SMAN 2 Ngawi.

Sederet nama pelatih, pemateri dan pendamping peserta diklat yang memiliki pengalaman dan pengetahuan dari Yon Armed 12 Kostrad, yaitu: Lettu Galuh Maulana Yusuf (Danlat Mentar), Serka Ricky Prasetyantara Yudha (Kating Pelatih)

Kelompok kelas peserta dibagi 2 kelas, yaitu Kelas Nakula dengan Dankelas Serda Sepri Ardiansyah Riyanto, Prada Airlangga Febri Anada Putra (Pelatih). Sedangkan Kelas Sadewa dengan Dankelas oleh Serda Riyo, Prada Aditya Frans (Pelatih).

Juga, pelatih jasmani oleh Serka Muhammad Fahruddin, Praka Muhammad Andri Firzatullah, Pratu Muhammad Rosa Firmandi. Pemateri latihan dasar kepemimpinan oleh Letsa CKM. Dr. Dyvanal Febri Afirin, pemateri CMI oleh Sertu Ahmad Hadi Jatmiko. Pemateri Kesehatan oleh Prada Stevanus Nenoliu.

Diakhir kegiatan dengan upacara penutupan dipimpin oleh Danyonarmed 12 Kostrad, Mayor Arm Adwi Prasetya beserta jajaran pemateri, pelatih dan pendamping. Juga penyerahan piagam diklat kepada semua peserta telah lulus mengikuti berbagai materi dan latihan.
_____
(zie@humas/Mentar Aisha Amelia G.)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen + 17 =