Cara Mudah Mencari Informasi yang Efektif dan Efisien di Google

5
9307

Mencari informasi pakai google sudah dimudahkan oleh google itu sendiri. Hanya dengan mengetikkan beberapa kata (keyword) google langsung mengampilkan daftar website yang berhubungan dengan informasi yang kita cari.Tapi terkadang TIDAK SEMUDAH itu?

Jujur saja walaupun Google sudah memudahkan kita namun terkadang kita sendiri yang mempersulit. Berikut beberapa Rahasia Google yang WAJIB anda ketahui (Saya katakan rahasia karena banyak orang yang tidak tahu).

1. Mencarilah secara spesifik
YA! ini mungkin kesalahan terbesar orang yang jarang pakai google. Jika melakukan pencarian informasi selalu tidak spesifik. Misalkan anda sedang mencari informasi berupa keyword (kata kunci) teknologi, tapi informasi teknologi apa? Apakah kemajuan teknologi ataukah perkembangan teknologi ? Ada beragam kemungkinan tentang teknologi.

Sebagai contoh anda sedang mencari informasi tentang kemajuan teknologi. Tulislah kemajuan teknologi untuk mencari di google. Jika anda hanya mengetikkan teknologi, google kemungkinan BESAR tidak akan memberikan hasil yang relevant kepada anda.

Cara mencari informasi spesifik adalah yang terbaik, bahkan kalau perlu gunakan sampai lebih dari lima kata

2. Gunakan keyword berbeda tapi artinya sama
Bagaimanapun informasi di internet itu dibuat oleh manusia. Cara manusia mengungkapkan sesuatu yang sama, bisa saja dengan bahasa yang berbeda. Misalnya: membuat komputer, bisa saja ada orang yang menulis artikel membuat komputer dengan ejaan lain semacam merakit komputer atau membuat pc.

Jadi jika pencarian informasi anda tidak kunjung berhasil coba pikirkan keyword-keyword lain yang kiranya artinya sama. Trik google yang satu ini membutuhkan kemampun anda dalam berbahasa, ya katakanlah semacam sinonim.

3. Malu Bertanya Sesat di jalan
Jika anda sedang menggunakan google untuk menjawab pertanyaan? Cobalah juga gunakan kalimat tanya untuk melakukan pencarian informasi. Contohnya seperti dibawah ini:
Siapa itu Adolf hittler
Apa rumus pytaghoras
Bagaimana cara menggunakan proxy
Bagaimana cara menggunakan google
Hasilnya dengan trik google yang satu ini adalah selain lebih relevan juga pertanyaan anda langsung terjawab bukan ?

4.Paksa Google dengan tanda kutip
Umpamanya google anda suruh-suruh untuk mencari informasi kematian tokoh manga. Dia mungkin tidak akan memberikan hasil persis sesuai yang kita minta. Hasil pencarian mungkin akan menjadi seperti ini kematian bla bla bla.tokoh di manga blabla. OK! hasil seperti itu memang tidak bisa disalahkan karena ada faktor lain daripada hanya sekedar rangkaian keyword dalam menentukan informasi yang relevan.

Nah supaya menghasilkan pencarian informasi sesuai rangkaian keyword yang diinginkan. Gunakan salah satu trik google yaitu tanda kutip ( keyword ) menjadi kematian tokoh manga. Dengan cara seperti ini akan mengurangi hasil pencarian ditambah informasi yang ditampilkan akan semakin relevan

5.Gunakan tanda plus (+) dan Min (-)
Bukan hanya di aritmatika ada penjumlahan dan pengurangan. Google juga bisa kok. tentu saja fungsinya juga sama. Rahasia Google ini sangat jarang padahal sudah jelas-jelas ditulis di bagian HELP.

Tanda (+)
Untuk menambahkan kata yang ingin dicari pada pencarian informasi. misalkan kematian tokoh manga (ingat pakai tanda kutip) lalu khusus untuk tokoh naruto saja. Maka cukup anda tulis di kematian tokoh manga +naruto. Hasilnya selain mencari keyword kematian tokoh manga google juga akan menempatkan hasil pencarian teratas jika ada keyword naruto.

Tanda(-)
Tentu saja digunakan untuk mengurangi hasil pencarian. Lalu apa gunanya? kenapa kita harus mengurangi hasil pencarian.Ini dikarenakan google mengindex semua halaman yang dianggapnya penting. Tidak peduli apakah itu sebenarnya hanya iklan, berita, bookmarking dsb.

Coba anda bayangkan kita akan mencari soal psikotes. tapi yang muncul hanya iklan dari orang yang menjual soal psikotes. Maka dari itu dan oleh karena itu kita gunakan tanda untuk menghilangkan iklan. Menjadi soal psikotes -iklan.

Bisa juga anda menggunakan google supaya tidak mencari di situs tertentu. Terutama situs iklan baris atau situs bookmarking semacam digg.com atau lintasberita.com. contohnya soal psikotes site:lintasberita.com

6. Informasi di internet itu bukan hanya website (file html)
Informasi di internet bukan hanya website ada beragam file semacam pdf, doc(ms word) bahkan flv (file video seperti di youtube). Caranya tinggal tambahkan kode filetype:tipe .

Misalnya ingin mencari soal psikotes dalam bentuk file pdf, Ya tinggal ketikkan saja soal psikotes filetype:pdf. Untuk melihat apa saja kode file yang
didukung google bisa dilihat : dihttp://www.google.co.id/advanced_searc…

7. Ada Banyak Jalan menuju Roma
Google memang boleh dikata penguasa dalam penyedia dan alat mencari informasi di internet. Tapi masih banyak media lain yang dapat memberikan informasi. katakanlah yahoo, wikepedia, youtube, ask dsb. Anda bisa menggunakan 7 mesin pencari informasi di internet secara bersamaan dan mendapatkan hasil pencarian yang lebih banyak dan relevan.
(Sumber : internet alamat : http://wiralodra.com/2012/12/cara-mudah-…)

CARA MENCARI INFORMASI DI GOOGLE DENGAN EFEKTIF

Kita sebagai pengguna internet pasti tau tentang om Google. Google adalah situs pencari informasi lewat internet.
Kita tinggal mengetikkan keyword yang berhubungan dengan informasi yang akan kita cari pada kolom pencarian. Tapi tunggu dulu, terkadang kita mendapat kesulitan. Ada kalanya informasi yang di tampilkan om Google tidak seperti yang kita harapkan. Apalagi informasi yang kita cari itu cukup langka
di internet.
Nah, berikut adalah beberapa cara untuk memudahkan pencarian di google :

1. Download Customize Google
Customize Google adalah sebuah ekstensi firefox yang dapat meningkatkan kinerja untuk mempercepat pencarian kita melalui Google.

2. Gunakan Tanda Kutip
Sesuatu yang kita cari melalui Google bisa lebih akurat jika kita mengetiknya dengan menggunakan tanda kutip “”. Contoh : “Liverpool FC”.

3. Gunakan Sekurang-kurangnya 3 Kata dalam Pencarian
Google akan bekerja lebih efisien ketika kita menggunakan sedikitnya 3 kata dalam pencarian kita. Misalkan: album terbaik sulis. Perlu diingat juga Google ‘hanya’ akan memproses 32 kata terdepan dari semua kata yang kita ketik ketika mencari.

4. Wildcard
Tanda asterisk/bintang (*) berfungsi menggantikan kata yang kita lupa atau kita tidak tahu dan akan membuat pencarian yang kita menjadi lebih akurat. Contoh: “Ketika * Bertasbih” untuk pencarian “Ketika Cinta Bertasbih”.

5. Batasi Hasil Pencarian
Jika kita mencari satu informasi umum tentang subyek tertentu tetapi kita pun ingin dalam pencariannya itu terdapat subyek lainnya yang lebih khusus maka kita bisa menggunakan tanda (-). Dengan tanda (-) kita bisa mendapatkan pencarian yang lebih lengkap. Contoh: FIFA football doping.

6. Mencari Lebih Spesifik Berdasarkan Tipe File
Kita dapat mencari sesuatu lewat Google berdasarkan jenis file seperti apa yang kita inginkan. Misalkan kita ingin mencari file dalam bentuk pdf yang berisi tentang Linux maka kita ketik: filetype:pdf linux.

7. Buat Jumlah Hasil Pencarian menjadi Lebih Rinci
Dengan menambahkan misalkan “&num=3″ di akhir URL address pada address bar setelah hasil pencarian muncul lalu kita tekan enter maka kita bisa membatasi jumlah hasil pencarian kita menjadi 3 saja.

8. Karakter yang Tidak Berguna
Secara umum Google tidak akan memproses pencarian kita jika kita hanya menggunakan satu karakter khusus saja, termasuk tanda “@” . Karakter-karakter yang harus dihindari yang dalam pemakaiannya berdiri sendiri seperti: “;, ,, ., ?, (, ), [, ], @, /, *, .”.

9. Pencarian Langsung Di Website dengan Subyek Tertentu
Kita dapat membatasi hasil pencarian kita hanya pada satu website saja dengan menggunakan “site:” kata kunci, “site: www.nameofthesite.com [kata kunci].”. Contohnya kita ingin mencari informasi tentang AMD dari website erakomputer maka : site:www.erakomputer.com AMD

10. Matikan Filter
Secara default Google mengaktifkan filter spam. Kita dapat menonaktifkannya dengan mengetik “&filter=0″ di akhir URL address pada address bar setelah hasil pencarian muncul lalu kita tekan enter.

11. Sinonim
Tanda (~) jika ditempatkan didepan kata pencarian maka merupakan cara yang cerdas agar kita bisa melihat sinonim dari kata yang kita cari. Meski memang dengan mengetik kata itu langsung pun bisa tetapi terkadang tidak hanya berisi sinonim. Contoh penggunaan: ~vicarious.

12. Pilihan Ejaan
Jika kita bingung akan ejaan suatu subyek kita bisa menggunakan tanda pipa (|), nanti akan ada koreksi dari Google. Contoh penggunaan: Pennant | Pennan.

13. Definisi Suatu Kata
Mencari defini suatu kata kita bisa dengan mengetikkan “define”. Contoh penggunaan : define drupal.

14. Nilai Tukar Mata uang
Tahukah kalau Google juga bisa mengkonversikan nilai mata uang satu negara ke mata uang negara lainnya? Caranya : 1000 rupiahs in dollars. Anda akan kaget ternyata uang seribu rupiah itu hanya bernilai 0.109 U.S. Dollar.

15. Terjemahan
Bagi kita yang kurang menguasai satu bahasa asing, terkadang Google memberikan terjemahan langsung dari satu website. Atau kita pun bisa mengunjungi halaman Google yang khusus untuk menerjemahkan satu website.

16. Preferensi Google
Link preferensi ini terdapat disebelah kanan dari kotak pencarian Google. Kita dapat mengatur setingan untuk halaman mesin pencari kita.

17. Google News
Link yang berisi update berita terbaru dari penjuru dunia

18. Berita dunia
Dari halaman Google News kita dapat pula mencari berita-berita terbaru dari beberapa negara, seperti Jerman, Kanada, Chili dan lainnya.

19. Mencari Ukuran Gambar yang Tepat
Jika kita sedang mencari suatu gambar maka coba gunakan Google Images, lalu ketik gambar apa yang kita cari. Dengan Google Images kita juga dapat mencari file gambar yang ukurannya sesuai.

20. Google Advanced Images Search
Di Google Images kita dapat juga menggunakan pencarian yang dapat kita atur sendiri sehingga kita benar-benar mencari apa yang kita inginkan.

sumber : http://kelompok4xia3.blogdetik.com/
Tugas Sekolah
KELOMPOK 4 (KELAS XI IPA 3) :
1. DESTANTYA NUNGKY ARTIWI : 08
2. FAHRIZAL AKBAR DEBYANTORO : 11
3. LIYA DIYANTI YAHYA : 20
4. RIZAL GILANG ATMAKA : 30
5. SEPTIANA DYAH SUGMANA PUTRI : 32

5 COMMENTS

  1. Mencari informasi di internet memang susah susah gampang.
    ketika hasil pencarian kita dengan menggunakan keyword dirasa kurang relevan.
    cara-cara di atas dapat digunakan untuk lebih mempermudah kita menemukan artikel yang kita cari.
    saya sendiri merasa yang cukup efektif yaitu mengetikkan keyword lebih dari 3 kata.

BERI KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 4 =