Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) 2024 di SMA Negeri 2 Ngawi

0
121

SMADANGAWI – Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) bagi siswa kelas 12 di SMA Negeri 2 Ngawi tahun pelajaran 2023/2024 diselenggarakan pada 18-27 Maret 2024.

Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 12 sejumlah 353 siswa terdiri dari program peminatan MIPA 7 kelas dan Peminatan IPS 3 kelas.

PSAJ istilah baru dalam kegiatan penilaian yang sebelumnya Satuan Pendidikan (USP). Sebelum PSAJ, siswa kelas 12 sudah mengikuti Ujian Praktik dilaksanakan pada Senin-Jum’at, 4-8 Maret 2024.

Ujian praktik ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menerapkan pengetahuan teoritis yang telah dipelajari ke dalam situasi praktis.

Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) ini adalah salah satu bentuk evaluasi pemahaman pengetahuan siswa dari mata pelajaran yang telah dipelajari selama kelas 12. Soal yang disusun dari kisi-kisi soal yang dibuat oleh guru pengampu mata pelajaran.

PSAJ juga sebagai satu pertimbangan dalam penentuan kelulusan dari satuan pendidikan, pemetaan mutu pendidikan dari ketercapaian kompetensi dan bahan pertanggungjawaban penyelenggara Pendidikan.

PSAJ berbasis CBT (computer based test) dengan menggunakan laptop atau tablet. Sebelum pelaksanaan, laptop peserta perlu di cek ulang untuk kesiapan perangkat sistem CBT. Selama PSAJ berlangsung berjalan dengan lancar dan sukses.
________
zie@humasmada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen − 17 =