Refleksi: HUT ke-60 SMA Negeri 2 Ngawi 2023

0
496

SMADANGAWI – 1 Agustus sebagai hari ulang tahun SMA Negeri 2 Ngawi. Di hari ulang tahun yang ke-60 tiada kata yang terindah tetap mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan kekuatan membawa perjalanan pendidikan dan pengajaran sangat penting bagi semua murid dalam mencerdaskan dan mengembangkan potensi dalam diri mereka sampai saat ini.

SMA Negeri 2 Ngawi yang tetap eksis berdiri kokoh kuat hingga saat ini. Selain kata syukur juga diwujudkan lewat tindakan nyata warga sekolah. Semoga di usia 60 tahun terus melaju menorehkan prestasi dan insan lulusan berkualitas yang religius, bermoral, kompetitif, dan berbudaya.

Dewasa ini pendidikan karakter masih jadi orientasi dalam perubahan kurikulum pendidikan merupakan agenda yang secara rutin berlangsung dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan.

Trend istilah kekinian dalam kurikulum merdeka tentang Penerapan Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam membangun karakter bangsa. Hal ini didasarkan pada fakta dan persepsi masyarakat tentang menurunnya kualitas sikap dan moral anak-anak atau generasi muda.

Kebijakan program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mulai diterapkan sejak tahun 2017. Terutama sistem zonasi PPDB mengatur sekolah negeri wajib menerima calon peserta didik yang berdomisili pada radius zona terdekat dari sekolah paling setidaknya 50 persen dari total jumlah keseluruhan peserta didik yang diterima. Tanpa dipungkiri ini juga berdampak dalam proses pembelajaran dan input peserta didik baru.

SMA Negeri 2 Ngawi terus melaju dengan program unggulan mulai diinisiasi tahun 2022, yaitu SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia dengan IMER – Intelectual, Military, English, Religious.

Program IMER Intelektual adalah program peningkatan kualitas intelektual taruna-taruni. Secara berkala menghadirkan pakar atau narasumber yang berkompeten diambilkan dari para alumni sukses dengan beberapa
bidang keilmuan.

Program IMER Military adalah program kegiatan kesamaptaan jasmani, yang bertujuan untuk meningkatkan karakter kedisiplinan, kepribadian dan menumbuhkan jiwa nasionalisme, cinta tanah air, bangsa dan NKRI. Juga membentuk fisik taruna- taruni yang sehat, kuat dan ideal dengan instruktur dari Yon Armed 12 Ngawi.

Program IMER English adalah program berbahasa Inggris menyiapkan siswa menjadi calon pemimpin bangsa yang berdaya saing global dengan berkomunikasi berbahasa Inggris. Juga pengiriman taruna-taruni ke kampung Inggris Pare Kediri di akhir tahun.

Program IMER Religious adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan aqidah, syariah dan akhlak taruna/taruni, pemahaman toleransi beragama dan pencegahan bentuk radikalisme pada siswa. Penghafalan ayat-ayat dan hadis pendek dengan sistem setoran seminggu sekali.

Satu persatu guru lama atau senior undur diri yang harus menjalani masa purna tugas dan tergantikan aset guru melalui guru PPPK yang memberikan daya dukung dalam meningkatkan capaian prestasi ragam murid sehingga kabar torehan prestasi terus dapat terdengar, terbaca, tertulis di sumber berita.

Selamat ulang tahun ke-60 SMA Negeri 2 Ngawi. Semakin jaya dan tetap eksis serta menjadi yang terbaik. Semoga! (zie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × five =