Selamat Hari Kebangkitan Nasional

0
899

Sejarah berbicara, Tahun 1946 bisa menjadi tahun menegangkan bagi Kabinet Hatta (1948-1949) dimana mendapat serangan balik dari kudeta 3 Juli 1946 oleh Tan Malaka dan Mohammad Yamin. Saat itu, pembelaan Tan Malaka dan Muhammad Yamin kala itu dimuat di media cetak dan radio mendorong Hatta untuk menetapkan hari kebangkitan Nasional.

Alasan utamanya adalah pembelaan ini akan menumbuhkan perpecahan bangsa yang sedang menghadapi perang kemerdekaan. Untuk itu pemerintah Hatta merasa perlu ditetapkan tanggal kebangkitan Nasional untuk memupuk kembali semangat perjuangan melawan penjajah.

Pilihan Kabinet Hatta jatuh pada Budi Utomo yang saat itu sudah mati. Alasannya adalah organisasi yang pertama kali lahir di Indonesia. Pada saat yang bersamaan masih banyak organisasi yang masih hidup bahkan lahir lebih dulu dari Budi Utomo seperti Sekirat Dagang Islam (16 Oktober 1905), Serikat Islam (1912), Perserikatan Muhammadiya (18 November 1912), Persatuan Islam (12 September 1923) atau Nahdatul Ulama (31 Januari 1926).

Dengan alasan nasionalisme Budi Utomo dipilih karena tidak mengindikasikan Islam, namun tak bisa dipungkiri bahwa saat itu muncul banyak pergerakan Islam karena mayoritas penduduk Indonesia kala itu adalah muslim.

Selamat Hari Kebangkitan Nasional 2015
Bangkit untuk menjadi generasi terbaik Indonesia
Bangkit untuk sebuah prestasi – prestasi baru.
Bangkit untuk terus meningkatkan kualitas diri, agama, akademis, organisasi.
Bangkit untuk harumkan almamater, bangsa dan negara.
Bangkit untuk menjadi insan yang produktif, kreatif, dan inovatif.
Bangkit untuk smada kita, bangkit untuk negeri kita.

BERI KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 3 =