Suarakan Pola Hidup Sehat Melalui Kegiatan P5 Bertema Bangunlah Jiwa Raganya

0
594

SMADANGAWI — Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertema “Bangunlah Jiwa dan Raganya” menciptakan kesempatan belajar para peserta didik khususnya kelas X dan XI di SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia untuk membentuk diri sesuai Profil Pelajar Pancasila.

Tema yang diusung bertujuan untuk melatih kesehatan fisik dan mental secara berkelanjutan. Proyek dengan metode pembelajaran yang aktif dan berpusat pada para peserta didik diharapkan menjadi perangkat yang menawarkan titik temu kolaborasi dan mengidentifikasi pihak terkait untuk penyelesaian permasalahan jiwa dan raga dalam menghadapi kehidupan yang serba teknologi.

Melalui proyek ini, Peserta didik pada akhirnya diharapkan telah mengembangkan secara spesifik tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu: (1) Bernalar Kritis, (2) Gotong Royong, dan (3) Kreatif.

Proyek yang dibuat untuk Kesehatan raga adalah hasil dari modifikasi senam Profil Pelajar Pancasila atau Senam Kreasi yang dilaksanakan dari tanggal 20 s.d. 22 November 2023 di lingkungan SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia.

Tiga hari selama pelaksanaan, masing-masing kelas berusaha untuk membuat gerakan yang cocok dan seragam untuk ditampilkan di Gebyar P5. Hasilnya digebyarkan atau dipamerkan pada tanggal 23 November 2023 di Lapangan Merdeka. Karya mereka sungguh penuh kreasi dan kreatif.

Penampilan Senam Kreasi

Selain itu, pada kegiatan Kesehatan Mental, Tim Koordinator P5 bekerja sama dengan Divisi Intelektual mengadakan Seminar Interaktif dengan tema “Membangun Mental dan Karakter Tangguh Remaja Generasi Z untuk Menyongsong Indonesia Emas 2045”.

Selanjutnya, saat kegiatan P5 didampingi oleh Bapak/Ibu Koordinator dan Fasilitator P5. Seminar Interaktif ini diselenggarakan pada tanggal 22 November 2023 di Serambi Masjid Ash-Sholihin SMADA. Antusiasme warga sekolah pun merebak ke seluruh penjuru sekolah.

Harapannya diberikan pendidikan kesehatan mental dan raga kepada peserta didik khususnya kelas X dan XI sudah memasuki era generasi Z yaitu untuk menumbuhkan beberapa sikap mental dan raga yang dibutuhkan untuk menjadi seorang yang berahlak mulia untuk menyongsong era modernisasi dan dipersipkan untuk menjadi generasi emas di tahun 2045.

Pemberian Penghargaan Penyaji Terbaik Senam Kreasi

Selama kegiatan P5 berlangsung, mereka turut didamping dan didukung oleh koordinator kelasnya yaitu (1) X-1 s.d. X-3: Sabdaninggar Wisnu H., S.Pd; (2) X-4 s.d. X-6: Nuzula Ilies, S.E; (3) X-7 s.d. X-10: Vinsca Sabrina Claudia, M.Pd; (4) XI-1 s.d. XI-2: Yanita Perwira S., S.Pd; (5) XI-3 s.d. XI-4: Sasmiati, S.Pd., M.Pd; (6) XI-5 s.d. XI-7: Shinta Dhennis I, S.Pd., dan (7) XI-8 s.d. XI-10: Retnaviar W., S.Pd.

Pada saat Gebyar P5 berlangsung ternyata terdapat penilaian Penyaji Terbaik Senam Profil Pelajar Pancasila. Pengumuman penyaji terbaik ini diumumkan saat Festival Hari Guru Nasional pada tanggal 24 November 2023. Penyaji terbaik untuk kelas X diperoleh dua kelas yaitu (1) Kelas X-7 dan (2) X-9 sedangkan kelas XI: (1) Kelas XI-2 dan (2) Kelas XI-5. (VSC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 3 =