1 Guru dan 2 Siswa Baru SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia Ikuti Camp MPLS SMA se-Jawa Timur di Koarmada II

0
236
Bersama Guru Pendamping dan Siswa SMA Kabupaten Ngawi

SMADANGAWI – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA se-Jawa Timur Tahun 2023 oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur berkerja sama dengan TNI Angkatan Laut mengadakan kegiatan untuk siswa baru di Komando Armada II yang bermarkas di Dermaga Madura Ujung, Semampir, Surabaya.

Kegiatan Camp MPLS ini dilaksanakan pada tanggal 16 s.d. 18 Juli 2023 dengan jumlah peserta kurang lebih 1000 siswa baru dan 50 guru pendamping dari perwakilan SMA kota/kabupaten di Jawa Timur.

Adapun dari jumlah peserta terdapat dari SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia sebagai perwakilan siswa dan guru pendamping yang ditunjuk dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Ngawi yaitu Dynnevey Nayla Az-Zahra dan Paksi Akso Jati Wiyono, serta guru pendamping dari perwakilan dari SMA Kabupaten Ngawi yaitu Vinsca Sabrina Claudia, M.Pd.

PBB bersama siswa SMA se-Jatim

Camp MPLS ini mengusung tema “Mengembangkan Potensi Siswa Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila”. Selama di Komando Armada II banyak kegiatan yang harus dilaksanakan oleh para siswa baru, antara lain:

(1) Hari pertama: Registrasi peserta, Pembekalan, Latihan PBB, ISHOMA, Pengasuhan/Yel-yel, ISHOMA, Materi Wawasan Kebangsaan dan Toleransi, Gladi Upacara Pembukaan, Apel malam, dan Istirahat Malam; (2) Hari kedua: Apel dan Olahraga Pagi, Makan Pagi, Upacara Pembukaan Acara Camp MPLS SMA se Jawa Timur Tahun 2023, Materi Bela Negara/Bully/Media Sosial, ISHOMA, Outbound, ISHOMA, Pentas Seni, Renungan Malam, dan Istirahat Malam, dan (3) Hari ketiga: Apel dan Olahraga Pagi, Makan Pagi, Latihan PBB, Outbound, Check Out KRI, ISHOMA, Upacara Penutupan, dan Foto Bersama.

Pembekalan Materi Wawasan Kebangsaan

“Sangat bangga dan bersyukur, karena terpilih menjadi perwakilan sekolah dari banyaknya taruna-taruni yang ada dan bisa membawa nama baik SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia. Senang karena disana dibekali dengan banyaknya ilmu dan pengalaman yang tidak semua orang bisa dapat, bisa bertemu dengan teman-teman yang asyik dan para pembimbing yang luar bisa hebatnya. Yang pastinya ini adalah suatu pengalaman dan kenangan mengesankan dalam hidup saya,” ujar Dynnevey Nayla.

Lalu, Bu Vinsca selaku pendamping MPLS menambahkan bahwa kegiatan seperti ini perlu diadakan setiap tahun agar membentuk siswa baru yang lebih berkarakter untuk mewujudkan profil pelajar pancasila.

Outbond

Dua siswa baru kelas X perwakilan SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia, mengaku sangat banyak mendapatkan pengalaman dan pelajaran berharga setelah mengikuti MPLS SMA di Koarmada II Surabaya ini.

Upacara Penutupan

Selain itu, mereka pula telah mendapat banyak teman baru dari seluruh penjuru Jawa Timur. Harapannya semoga apa yang mereka dapat bisa mereka diamalkan di kehidupan sehari-hari terutama di SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia. (VSC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 − three =