IHT Penyusunan Modul Pembelajaran Berdiferensiasi dan Strategi P5 Guru SMA Negeri 2 Ngawi 2023

0
804

SMADANGAWI – In House Training (IHT) adalah pelatihan internal sekolah salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi bagi guru dan tenaga ketenagaan (GTK) dalam memberikan layanan terbaik baik bagi murid.

Kegiatan IHT dilaksanakan 14-17 Juli 2023 di aula sekolah, dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Madiun Lena, M.Pd. didampingi kepala SMA Negeri 2 Ngawi Drs. Makmun Fatoni, M.Pd. Kacabdin dalam pengarahannya agar guru selalu belajar dan aktif mengikuti pelatihan sebagai bekal untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka.

Pemateri kegiatan IHT menghadirkan Dr. Muhammad Muhajir, M.Pd. sebagai Widyaiswara PPPPTK PKn dan IPS Batu Malang, juga Pendiri SD Islam Ar Risalah Rambipuji Jember dalam organisasi sosial.

Materi IHT tahun ini dapat dikatakan sebagai tindaklanjut implementasi kurikulum merdeka yang pernah diadakan sebelumnya. Peserta diberikan materi pemahaman dan praktik penyusunan modul pembelajaran berdiferensiasi dan strategi pelaksanaan P5.

Saat praktik baik penyusunan modul, guru dikelompokkan berdasarkan guru mata pelajaran. Guru membuat modul pembelajaran berdiferensiasi pada fase E dan F sesuai mapel yang diampu terutama guru kelas 10 dan 11.

Rasa antusias dan semangat peserta IHT nampak terlihat dari banyak pertanyaan diajukan dan umpan balik baik dari peserta dan pemateri selama kegiatan.

Penugasan pembuatan modul ajar berdiferensiasi bagi peserta guru sebagai wujud pemahaman praktik baik dari pelatihan yang telah diberikan dan dapat digunakan kelengkapan perangkat pembelajaran.

Terpenting adalah bagaimana menumbuhkan komitmen profesional guru dalam meningkatkan penguasaan materi pembelajaran yang berpihak pada murid dan penerapan hasil kegiatan kepada murid dengan harapan dapat bermuara pada peningkatan mutu pendidikan sekolah.
___
(zie@humasmada)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

six + 19 =