50 Tahun Smada, Siswa Turun Ke Desa

0
620

Pernah menonton tayangan Jika Aku Menjadi? Ya, reality show di salah satu stasiun televisi swasta itu diadopsi SMAN 2 (Smada) Ngawi saat memperingati ulang tahun emas sekolah itu.

Selama 3 hari, siswa tinggal di rumah warga Desa Hargomulyo, Ngrambe. Jika Aku Menjadi itu merupakan bagian kegiatan bakti sosial (baksos) memperingati 50 tahun Smada Ngawi. Tahun lalu, aksi serupa dilaksanakan di Desa Mojo dan Krompol, Kecamatan Bringin. ‘’Semoga kegiatan ini bisa menjadi manfaat dan bisa menjadi contoh bagi sekolah-sekolah yang lain,’’ Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar saat membuka baksos Smada di Hargomulyo.
\

Kepala SMAN 2 Ngawi M. Ali Mas’ud menuturkan, kegiatan baksos itu bertujuan agar siswa lebih peka dengan kondisi masyarakat. ‘’Tidak hanya berprestasi dalam belajar tetapi juga peduli sesama,’’ ujarnya kepada Jawa Pos Radar Ngawi kemarin (23/12).

Dijelaskan, baksos kali ini diikuti 286 siswa kelas X, didampingi panitia dari OSIS dan guru. Menurutnya, lewat kegiatan itu siswa benar-benar belajar melalui pengalaman langsung dalam mengembangkan pendidikan karakter.

Wakasek Humas Smada Zaenal Abidin menambahkan, baksos kali ini diwarnai berbagai kegiatan. Di antaranya, pengajian akbar oleh Ustadz H. Didik Purwodarsono dari Jogjakarta, pembagian ratusan paket sembako murah, dan kerja bakti.

Juga dilaksanakan penghijauan dengan penanaman seribu pohon di sekitar Desa Hargomulyo, terutama kawasan air terjun yang ada di desa itu. ‘’Kegiatan baksos ini sebagai rangkaian kegiatan ulang tahun emas (50 tahun, Red) SMAN 2 Ngawi,’’ tuturnya.

Momen 50 tahun Smada Ngawi terasa istimewa dengan sederet prestasi yang diukir siswa sekolah itu. Di antaranya, Risko Dede Prasetyo yang mewakili Jawa Timur di ajang Olimpiade Sains Nasional. Selain itu, saat peringatan Hari Pahlawan lalu, tim putra Smada menyabet juara I gerak jalan Monumen Suryo-Ngawi.

Di bidang olahraga, siswa Smada juga moncer. Dalam kejuaraan Skandia Taekwondo Fight se-eks Karesidenan Madiun, misalnya, SMAN 2 Ngawi menyabet juara umum. Itu setelah wakil-wakilnya meraih 6 medali emas, 3 perak, dan 4 perunggu. |RadarMadiun

SHARE
Previous articleSimulasi SAR Smadangawi
Next articleKegiatan Tengah Semester
SmadaNgawi
SMA Negeri 2 Ngawi, berbudaya dan berkepribadian luhur, yang terbentuk melalui pendewasaan IMTAK dan IPTEK yang kompetitif, berwawasan global berperilaku Indonesia. Kontak : info@smadangawi.sch.id

BERI KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × four =