Aisya “Icha” Nurrahma Lolos AFS – YES

8
1237

Aisya Nurrahma yang lebih akrab disapa Icha , adalah salah satu siswa yang telah mengharumkan nama Smadangawi. Icha berhasil terpilih menjadi peserta pertukaran pelajar American Field Service (AFS) dan Youth Exchange Study (YES).

Siswa Kelas XII ini menjadi satu – satunya pelajar dari Ngawi yang mendapatkan kesempatan emas untuk belajar di Jerman selama 1 bulan. Icha akan berangkat ke Jerman 9 Juli mendatang.

Icha mengucap syukur atas tercapainya keinginan yang ingin belajar ke luar negeri, khususnya ke Jerman ini.

Remaja yang diketahui berasal dari Bugisan ini mengetahui informasi perihal AFS-YES dari sebuah sosialisasi yang ada di Smadangawi. Perjuangan mencapai semua ini tentunya tidaklah mudah. . Setelah mendaftar Icha, yang merupakan anak sulung dari Bapak Rochim dan Ibu Sayuti ini melewati beberapa tes yang sungguh menantang.

Tahap pertama tes tulis dengan materi pengetahuan umum, membuat sebuah essay perkenalan diri dengan mengguanakn bahasa Inggris. Kemudian dilanjutkan dengan test matematika, biologi, sejarah, pengetahuan nasional serta internasional yang sedang hangat diulas. Icha mengikuti tes ini bersama 7800 pserta se-Indonesia.

Tahap kedua adalah interview yang mengulas tentang kepribadian, kebiasaan, tantangan, halangan yang akan dihadapi.

Tahap ketiga , dinamika kelompok. Peserta yang lolos tahap kedua dibagi menjadi kelompok – kelompok untuk melakukan diskusi atau pemecahan masalah yang telah diberikan oleh para penguji. Dalam ham ini, yang dinilai adalah seberapa kritis dan aktif dari peserta dalam mengulas, membahas, serta mencari pemecahan masalah.

Pemberkasan merupakan seleksi tahap akhir setelah dinamika kelompok. Icha diwajibkan mengumpulkan semua berkas – berkas yang disyaratkan panitia.

Bapak Tribadi, Kepala SMA Negeri 2 Ngawi menyampaikan, bahwa Smadangawi sudah 11 kali melakukan pertukaran pelajar ke luar negeri, mengirimkan siswanya ke berbagai negara seperti, Amerika Serikat, Jepang, dan Thailand. Tentunya harapan besar Pak Tribadi, semoga kegiatan seperti ini terus menjadi cita – cita yang tinggi dan memberikan pembelajaran yang besar bagi siswa.

8 COMMENTS

  1. Selamat, semoga menjadi pemantik semangat bagi siswa yg lain untuk semakin berprestasi dalam segala bidang..

  2. Semangat dakwahkan Islam di jerman, mbak Aisya..
    Bismillah, semoga kelak ana juga bisa nyusul ke sana. Aamiin.. 🙂

  3. Selamat dik icha, semoga apapun yang kamu lakukan mendapat tuntunan Yang Kuasa. Manfaatkan momen ini untuk sesuatu yang berarti bagi umat. OK!?

  4. Selamat berpetualang, u kini menapaki moimen penting bagi sejarah dirimu. Torehkan tinta emasmu untuk kejayaan. Lantunkan kalimat thoyibah di negeri biru.

BERI KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × one =