Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) SMA Negeri 2 Ngawi 2023

0
381

SMADANGAWI – Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2023 dilaksanakan oleh Kemendikbudristek untuk mengukur kompetensi minimum dan karakter siswa pada jenjang SMK/SMA, SMP dan SD.

SMA Negeri 2 Ngawi melaksanakan ANBK pada 28-29 Agustus 2023 di Lab. TIK. Persiapan sekolah pada sarana pendukung dan proses administrasi yang harus dipenuhi sebelum asesmen. Persiapan dari simulasi sinkronisasi SMA (14 Juli 2023) dan gladi bersih sinkronisasi SMA (21-22 Agustus 2023).

ANBK dilaksanakan dengan tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi dan Numerasi, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

AKM untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika atau numerasi murid. Survei Karakter mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid. Dan Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di sekolah.

Peserta yang mengikuti ANBK SMA melibatkan kepala sekolah, seluruh guru, dan siswa. Untuk siswa yang menduduki kelas XI berjumlah 50 dan siswa ditentukan secara sistem acak oleh Kemendikbudristek.

Diakhir kegiatan ANBK 2023, harapannya dapat mengukur kompetensi dan karakter siswa secara objektif dan akurat, membantu guru mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa dalam literasi membaca dan numerasi dan membantu sekolah mengevaluasi kinerja dan mutu sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan. (zie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + 4 =