Diva Arya Wibowo Raih Medali Emas di Dua Cabang Ilmu pada Olimpiade Sains Mercury

0
956

SMADANGAWI – Event Olimpiade Sains Mercury 2021 merupakan sebuah event dengan menyediakan sarana untuk mengasah kemampuan pelajar tingkat SMP/MTs sederajat dan SMA/SMK/MA/MAK sederajat seluruh Indonesia dalam berkompetisi sesuai bidang yang diminati.

Olimpiade ini diselenggarakan oleh LKP Mercury Education Centre bertujuan memberikan fasilitas pelajar di Indonesia untuk selalu berpartisipasidan produktif di tengah pandemi Covid-19.

Event ini sangat didukung oleh Dinas Pendidikan Kabupaten, Kemenag Kabupaten, dan DPD HIPKI Provinsi Jawa Timur. Olimpiade Sains Mercury 2021 terbagi menjadi dua jenjang sesuai dengan bidang ilmu yang dipelajarinya.

Adapun bidang ilmu untuk jenjang SMP/MTs antara lain: IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan PKn, sedangkan untuk jenjang SMA/SMK/MA/MAK antara lain: Biologi, Matematika, Ekonomi, Sosiologi, Geografi, dan Bahasa Indonesia. Waktu pendaftaran dan teknis pelaksanaan dilaksanakan pada tanggal 4 s.d. 12 Desember 2021.

Event ini diikuti oleh Diva Arya Wibowo perwakilan dari SMA Negeri 2 Ngawi untuk jenjang SMA/SMK/MA/MAK sederajat. Dia memilih bidang ilmu Bahasa Indonesia dan Sosiologi. Pelaksanaan olimpiade dilakukan pada tanggal 12 Desember 2021 di rumah masing-masing.

Materi yang diujikan bidang ilmu Sosiologi berupa: Materi kelas X, XI, dan XII seperti Penyimpangan dan Pengendalian Sosial, struktur sosial dan sebagainya.

Selanjutnya, pada bisa ilmu Bahasa Indonesia yang diujikan yaitu materi kelas X, XI, XII seperti materi pantun dan puisi, penulisan karya ilmiah, dan lain-lain.

Berdasarkan pengumuman panitia pada tanggal 15 Desember 2021 bahwa siswa yang duduk di kelas X MIPA 7 memperoleh medali emas pada ilmu Bahasa Indonesia dan Soslologi.

Dia menempati peringkat 1 dari 278 untuk bidang Bahasa Indonesia dan peringkat 5 dari 188 di bidang Sosiologi.

“Senang dan kaget juga pastinya, karena bisa menjadi salah satu peringkat teratas dari ratusan peserta lainnya,” ujar Diva dengan perasaan bangga.

Setelah dia mengetahui nilai yang diperoleh, motivasi dirinya ingin tetap semangat belajar dan mencoba hal baru serta ingin mempertahankan prestasi yang yang pantas untuk dipertahankan dan memperbaiki skill diri pribadinya.

Lebih lanjut, dia tak lupa juga memberikan harapan kepada teman-teman untuk selalu meningkatkan prestasi dan tetap semangat meskipun berproses di masa pandemi. (VSC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 + 14 =