Diva Arya Borong Tiga Juara Lomba di Universitas Syiah Kuala

0
1208

SMADANGAWI – Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) Ulul Albab Universitas Syiah (UNSYIAH) Kuala merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang dakwah dan pendidikan dengan mengembangkan tujuan untuk membina ukhuwah islamiyah dan mengadakan pembinaan-pembinaan guna terwujudnya mahasiswa muslim yang mempunyai wawasan intelektual dan spiritual yang shohih menuju keselarasan iman.

Melihat kondisi generasi muda yang semakin krisis dengan identitas dan idolanya maka LDF mengemas kegiatan kepemudaan dalam bentuk Semarak Cinta Rasul (SCR) 2021 dengan serangkaian acara dan aneka lomba yang menarik, antara lain: (1) Seminar Nasional SCR 2021 bertema “Menjadi Generasi Milineal Sejati dengan Meneladani Strategi Dakwah Rasulullah saw”; (2) Tilawatil Quran; (3) Karya Tulis Ilmiah Quran (KTIQ); (4) Video Kreatif, dan (5) Fotografi.

Keberagaman dari kegiatan ini diikuti oleh peserta siswa/mahasiswa aktif dari seluruh indonesia yang beragama islam dengan tidak ada batas jenjang pendidikan. Oleh karena itu, perwakilan siswa SMA Negeri 2 Ngawi yaitu Diva Arya Wibowo (X MIPA 7) mengikuti lomba video kreatif dengan tema yaitu “Rasulullah Sunnah in My Daily Life”. Dia harus mengikuti serangkaian tahapan mulai dari tanggal 25 November sampai 17 Desember 2021.

Pelaksanaan lomba dilaksanakan dalam bentuk virtual dengan mengirimkan video dengan durasi 1-5 menit yang tidak mengandung unsur SARA dan Plagiarisme. Waktu pengumpulan dari panitia SCR memberikan tenggat pada tanggal 1 sampai 12 Desember 2021. Hal ini bisa memberikan persiapan kepada peserta untuk mempersipkan karya dengan maksimal.

Berdasarkan pengumuman panitia pada tanggal 17 Desember melalui Instagram @mediaululalbab, siswa yang aktif di Ekstrakurikuler Tifa ini mendapat Juara 2 dari 11 peserta. Hal ini menjadi kabar bahagia untuk Diva bisa mengalahkan peserta siswa/mahasiswa di Indonesia.

“Pastinya kaget banget, tidak terlalu berharap awalnya karena lawannya dari mahasiswa semua dan saya yang berasal dari SMA sendiri. Alhamdulillah sekali, bisa mendapatkan juara,” ucap Diva.

Lalu, Diva menambahkan bahwa harus dan selalu tetap semangat untuk belajar, apalagi baru pertama kali mengikuti lomba dalam bidang videografi. Pemerolehan juara ini tidak mengurungkan semangat untuk mengikuti lomba kembali. Setelah dia mengikuti lomba di LDF Ulul Albab, selanjutnya mengikuti serangkaian lomba yang diselenggarakan oleh LDK Al-Ihsan Fakultas Pertanian UNSYIAH.

LDK Al-Ihsan megadakan Melihat kondisi generasi muda yang semakin krisis dengan identitas dan idolanya maka LDF mengemas kegiatan bentuk Islamic Agriculture Festival (IAF) 2021 dengan serangkaian kegatan, antara lain: (1) Seminar Kemusliman Nasional bertema “Wanita sebagai Agent of Change bagi Suatu Negara”; (2) Pelatihan Softskill mengusung topik “Design of Information as a Forum for Islamic Civilization”;

Kemudian (3) Webinar Nasional dengan tema “Mengembangkan Resiliensi Diri dalam Bisnis Komoditi Lokal bagi Petani Milineal”; (4) Lomba Desain Poster; (5) Lomba Podcast Islami; (6) Lomba Essay, dan (7) Lomba Fotografi.

Dari keempat lomba yang disediakan oleh panitia, maka Diva mengikuti lomba Desain Poster dengan tema “Menggali Ilmu di Alam untuk Menjadikan Pribadi yang Lebih Berakhlak” dan Lomba Podcast Islami. Dia harus melakukan registrasi dan pengumpulan karya pada tanggal 13 sampai 19 Desember 2021. Pelaksanaan lomba dilaksanakan dalam bentuk virtual dengan peserta mahasiswa/umum seluruh Indonesia.

Berdasarkan hasil pengumuman yang diumumkan pada tanggal 23 Desember melalui Closing Ceremony Islamic Agriculture Festival melalui media Zoom meeting, siswa yang duduk di bangku X MIPA 7 mendapat Juara 2 Desain Poster dari 23 peserta dan Juara 3 Podcast Islami dari 14 peserta. Hal ini menjadi kabar bahagia kembali untuk Diva bisa mengalahkan peserta siswa/mahasiswa di Indonesia dan mendapat dua juara pada bidang kompetisi berbeda.

“Tetap optimis untuk belajar hal-hal yang baru, tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha,” ujar Diva setelah mendapatkan dua juara sekaligus.

Lanjut, dia memiliki harapan untuk ke depan agar bisa memberikan yang terbaik dan menyabet juara. Diva juga mengajak teman-teman agar bisa mengikuti langkah jejak pengalamannya. (VSC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 + three =