EHB-BKS di SMA Negeri 2 Ngawi Tahun 2022

0
1097

SMADANGAWI – EHB BKS (Evaluasi Hasil Belajar Berbasis Komputer dan Smartphone) adalah kebijakan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jatim yang bertujuan untuk memetakan mutu pendidikan sekolah selama satu tahun.

Kegiatan EHB-BKS ini secara rutin dan terjadwal dilaksanakan sebagai salah agenda rutin yang diadakan untuk mengukur kualitas pendidikan di Jawa Timur.

Hasil dari EHB-BKS digunakan sebagai Pengendalian dan Pemetaan Mutu Pendidikan tingkat SMA Negeri/Swasta di Provinsi Jawa Timur dan tidak dipergunakan sebagai kriteria kelulusan peserta didik dari Satuan Pendidikan.

EHB-BKS dilaksanakan pada hari efektif sekolah, tanpa mengganggu proses pembelajaran kelas X dan XI. Dilaksanakan selama 4 hari, mulai tanggal 7- 10 Maret 2022.

SMA Negeri 2 Ngawi dalam pelaksanaan EHB-BKS bagi kelas XII melakukan persiapan berupa simulasi EHB-BKS pada Rabu (2/03/2022). Ini bertujuan agar siswa peserta tes mengetahui langkah awal-akhir alur soal tes dan bentuk soal.

Selama simulasi EHB-BKS, penyelenggara juga ingin mengetahui kesiapan fasilitas sekolah terutama jaringan internet wifi titik lokasi dan ruang tes. Juga kesiapan server sekolah sebagai pelaksana dan pengontrol akses sistem ke server provinsi.

Ditegaskan oleh Ketua Panitia EHB-BKS, Ahmad, M.Pd. bahwa kegiatan belajar mengajar (KBM) kelas X dan XI selama pelaksanaan EHB-BKS tetap harus berlangsung, karena ruang kelas 11 digunakan EHB-BKS maka KBM kelas X dan XI selama dijadwal bergantian PTM atau KBM Daring.

Ditambahkan juga untuk pengawasan peserta EHB-BKS ditugaskan kepada guru yang tidak sedang melaksanakan KBM kelas X atau XI, dengan harapan baik PTM maupun KBM Daring berjalan optimal.

Tepatnya pada hari kedua (8/03/2022) EHB-BKS di SMAN 2 Ngawi secara mendadak ada kunjungan dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Madiun oleh Purwantini, S.I.Kom. selaku Kasi SMA mewakili kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Madiun. Meninjau dan memonitor langsung jalannya EHB-BKS di ruang tes.

Semua punya harapan selama empat hari pelaksanaan EHB-BKS di SMAN 2 Ngawi bisa berjalan lancar, sukses dan meraih hasil terbaik untuk siswa dan sekolah. (zie_humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 + 17 =