Giat Apel Sinergitas : Sosialisasi Pembinaan dan Penyuluhan Kolaborasi Kapolres dan Dandim 0805 di SMA Negeri 2 Ngawi

0
256

SMADANGAWI – Tepatnya, Senin 4 Desember 2023, dua kegiatan digelar berupa Apel Sinergitas di Lapangan Upacara SMA Negeri 2 Ngawi dan Sosialisasi Pembinaan dan Penyuluhan di Aula Sekolah kolaborasi Kapolres Ngawi, AKBP Argowiyono, S.H., S.I.K., M.S.i dan Dandim 0805 Ngawi, Letkol. Arm. Didik Kurniawan, S.I.P.

Giat apel dimulai 07.00 WIB diikuti seluruh guru dan tenaga kependidikan serta seluruh siswa SMA Negeri 2 Ngawi. Secara bergantian amanat pertama diberikan Dandim 0805 dan berikutnya Kapolres Ngawi dalam satu podium di lapangan sekolah.

“Smada dengan slogan sekolah calon pemimpin bangsa tentunya siswanya harus menyiapkan diri dengan giat belajar dan berlatih penuh disiplin. Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia. Kalian adalah pemuda generasi penerus bangsa.” kata Dandim 0805 dalam amanatnya.

Kapolres Ngawi menyampaikan amanatnya pada siswa untuk meraih cita-cita setinggi langit dengan semangat, motivasi dan komitmen dengan menghadirkan beberapa pelajar Akpol di tengah lapangan sebagai bentuk motivasi mengikuti jejak mereka.

Sesudah giat apel, dilanjutkan sosialisasi Pembinaan dan Penyuluhan (Binluh) di aula SMA Negeri diikuti oleh perwakilan 150 siswa taruna-taruni. Sosialisasi diberikan dalam mengantisipasi aksi penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang narkoba serta kenakalan remaja dan juga pelanggaran lalu lintas di kalangan para pelajar.

Sambutan Kapolres Ngawi mengatakan kegiatan Binluh ini dilakukan pada kalangan pelajar sebagai bentuk perlindungan generasi penerus agar tidak terjerumus dalam perbuatan melanggar hukum bersama pejabat utama Polres Ngawi, Kasat Reskrim Polres Ngawi, AKP Joshua P. Krisnawan S.Tr. S.I.K M.S.c., Kasat Narkoba AKP Ipung Harianto, S.H., M.H., dan Kasat Lantas AKP M. Supari, S.H.

“Jangan mudah terpengaruh atau terprovokasi adanya informasi berantai yang belum tahu asal sumbernya, kalau mendapatkan informasi sebaiknya di konfirmasi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa informasi ini benar atau hoax, pastikan sharing berita benar,” kata Dandim 0805 Ngawi dalam sambutan di aula sekolah.

Sementara itu, sambutan Kepala SMA Negeri 2 Ngawi, Drs. Makmun Fatoni, M.Pd., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolres Ngawi serta Dandim 0805 bersama jajarannya yang memilih sekolahnya sebagai tempat sosialisasi pembinaan dan penyuluhan bullying, penyalahgunaan narkoba dan pelanggaran lalu lintas. Harapannya Binluh agar para pelajar tertib hukum dan Ngawi menjadi tertib dan aman.

Kasat Reskrim, AKP Joshua P. Krisnawan S.Tr. S.I.K M.S.c., menegaskan apa yang dapat siswa lakukan pencegahan bullying berupa pahami bullying, speak up komunikasi dengan orang tua atau guru, harus bertindak tidak hanya menyaksikan, berbuat baik serta saling menghormati, penyaluran hobi melalui ekstra kurikuler kegiatan sekolah.

“Dalam menegakkan tertib dan rasa aman bagi warga Ngawi, kami Polres Ngawi mensosialisasikan program misal, Patroli Candi Olo Kartonyono, Polantas Ramah Anak, dan Coaching Clinic Kartonyono dimana program yang ditujukan bagi pemohon SIM yang tak lulus ujian praktik. Pemohon SIM bisa berlatih lagi, agar nantinya bisa lulus saat mengulang ujian praktik. ” kata Kasat Lantas AKP M. Supari, S.H.

Dijelaskan oleh Kasat Narkoba, AKP Ipung Harianto, M.H. bahwa pelajar sebagai generasi muda harus dijauhkan dari segala ancaman nyata yang berpotensi merusak generasi muda adalah penyalahgunaan narkoba dan kenakalan di kalangan remaja. Meminta pihak sekolah, keluarga, pelajar, dan masyarakat untuk ikut berperan membantu kepolisian dalam pencegahan kenakalan remaja.

Dalam sesi dialog interaktif antara peserta siswa dan pihak polres Ngawi. Banyak pertanyaan siswa ditujukan pada pemateri polres Ngawi. Jiwa muda sebagai pelajar yang muncul rasa ingin tahu tentang bullying yang menimpa pergaulan siswa, penyalahgunaan bahaya narkoba dan pelanggaran lalu lintas yang terjadi di jalan raya. Bagi siswa yang bertanya diapresiasi dengan memberikan hadiah atau doorprize.

Mengakhiri kunjungannya, Kapolres Ngawi berpesan kepada para pelajar untuk melakukan aktivitas yang positif jangan sampai melakukan perbuatan yang melanggar hukum. Dengan dukungan penuh dan kolaborasi seluruh warga sekolah untuk saling menjaga dan saling mengingatkan jangan sampai terjerumus melakukan tindakan yang melanggar hukum baik kriminalitas maupun narkoba.

________
zie@humasmada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 + 9 =