Kiprah Siswa Smadangawi dalam Lomba Pidato Trio dan Lagu Perjuangan Memperingati Hari Kesaktian Pancasila

0
265
Dok. Smadangawi

SMADANGAWI – Setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila tersebut. Dewan Harian Daerah (DHD) 45 Jawa Timur, Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Jawa Timur, CICS (Center for Indonesia Communities Study), MGMP Sejarah SMA Jatim, dan Universitas 45 Surabaya mengadakan Lomba Pidato Trio dan Lagu Perjuangan Memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Lomba ini bertujuan untuk menanamkan bela terhadap pancasila terutama dari ancaman dan rongrongan ideologi komunis dan paham radikal yang ingin mengganti Ideologi Pancasila.

Siswa SMA Negeri 2 Ngawi (Smadangawi) juga ikut berperan serta dalam Lomba Pidato Trio dan Lagu Perjuangan Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2020. Tahapan lomba terdiri dari babak penyisihan yang dilaksanakan tanggal 24-27 September 2020 dengan 28 peserta SMA/MA di Jawa Timur.

Satu tim diwakili 3 siswa mengikuti seleksi secara virtual dengan mengirim video dan dipilih 10 tim peserta terbaik, yaitu SMAN 10 Kota Malang, SMAN 1 Krembung Sidoarjo, SMAN 2 Ngawi, SMAN 1 Kamal Bangkalan, SMAN 1 Ngantang Malang, SMAN 17 Surabaya, MAN Surabaya, SMAN 21 Surabaya, SMA Barunawati Surabaya, dan MAN 1 Tuban. Selanjutnya 10 besar finalis berhak untuk mengikuti babak final.

Tahap babak final yang dilaksanakan, 1 Oktober 2020 di Gedung Juang 45 Surabaya. Tim Smadangawi diwakili oleh Aulya Fiqih Amin Wijaya (Kelas XII MIPA-4), Fidellia Jessemalva Dovenid Lanosagita (Kelas XII MIPA-6), dan Muhammad Argha Edhel Nanda Pratama (Kelas XI MIPA-4).

Sebelum final dengan tim selalu giat berlatih, memahami dan mendalami materi uji lomba isi pidato yang disampaikan bertemakan pancasila sebagai ideologi penerus bangsa dan pilar untuk memerangi bahaya laten neo-komunis.

Dok. Smadangawi

Di akhir babak final, tim Smadangawi meraih Juara Harapan 2. Perjuangan dan usaha sudah dilakukan dalam lomba tersebut. Selamat untuk tim peserta dan pembina, tetap semangat berprestasi dan sampai jumpa pada lomba tahun berikutnya. (Humas)

BERI KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × 3 =