Mari Sukseskan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS Tahun 2020/2021 Melalui E-Voting

0
580

SMADANGAWI – Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah suatu organisasi yang berada di tingkat sekolah yang dimulai dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). OSIS diurus dan dikelola oleh siswa yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS.

Biasanya organisasi ini memiliki seorang ketua dan wakil ketua dari siswa serta seorang pembina dari guru yang dipilih oleh pihak sekolah. Anggota OSIS adalah seluruh siswa yang berada pada satu sekolah tempat OSIS itu berada.

Pembinaan dan pengembangan generasi muda yang berada di sekolah diarahkan untuk mempersiapkan siswa sebagai kader muda dengan memberikan bekal keterampilan, kepemimpinan, daya kreasi, patriotisme, idealisme, kepribadian dan budi pekerti luhur. Oleh karena itu, wadah pembinaan tersebut di lingkungan sekolah yang diterapkan melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

Keberlangsungan OSIS masa bhakti 2020-2021, dimulai dengan pemilihan ketua dan wakil ketuanya secara langsung, umum, bebas, dan rahasia. Pasangan calon (paslon) ketua (ketos) dan wakil ketua (waketos) saat ini ada 2 paslon.

Masing-masing paslon mempunyai visi dan misi untuk OSIS ke depan. Paslon 1( satu) a.n Muhammad Farhan Oktafian, kelas XI MIPA-3 (ketos) dengan Betha Nur Fanadiaz, kelas XI MIPA-8 (waketos). Visi dan misi paslon 1 sebagai berikut:

Visi :
Menjadikan OSIS sebagai sarana penampungan kreativitas dan aspirasi, juga meningkatkan siswa-siswi SMAN 2 NGAWI agar menjadi siswa-siwi yang berakhlak mulia, jujur, disiplin, bertanggung jawab dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

Misi :

  • Meningkatkan mutu kerja OSIS
  • Mempererat hubungan kekeluargaan antar seluruh anggota SMAN 2 NGAWI
  • Memanfaatkan secara maksimal potensi Ekstrakurikuler SMAN 2 NGAWI
  • Melanjutkan dan meneruskan program kerja yang belum dan sudah terealisasikan oleh OSIS sebelumnya dengan amanah dan penuh tanggung jawab supaya menjadi lebih baik
  • Meningkatkan kedisiplinan siswa-siswi dengan menaati peraturan yang berlaku

Sedangankan paslon 2 (dua) a.n Dedi Dwi Kusuma, kelas XI MIPA-4 (ketos) dengan Petra Ardika Susanto, kelas XI MIPA-4 (waketos). Visi dan misi paslon 2 sebagai berikut:

Visi :
Menjadikan siswa siswi SMA Negeri 2 Ngawi mampu bersaing secara global dengan tetap menjunjung budaya lokal.

Misi :

  • Mengembangkan Iman dan Taqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Berkontribusi dalam pengembangan IPTEK di era Globalisasi
  • Menjadikan siswa siswi sebagai murid yang unggul secara nasional dan internasional dibidang akademik serta nonakademik
  • Meningkatkan daya pikir sebagai siswa yang kreatif
  • Menjadikan OSIS sebagai wadah aspirasi dalam pengembangan minat bakat.

Jadwal pelaksanaan pemilihan ketos dan waketos sebagai berikut

  1. Pendaftaran, 21 Agustus 2020
  2. Kampanye, 1 s.d 12 September 2020
  3. Pencoblosan, 14 September 2020
  4. Penghitungan Suara, 14 September 2020
  5. Pengumuman Hasil Suara, 15 September 2020

Dalam masa pandemi covid-19 saat ini, teknik pemilihan calon OSIS ini dilakukan dengan pengambilan suara secara online menggunakan jaringan internet atau seringkali disebut E-Voting.

Semua pemilih warga sekolah memiliki kesempatan untuk memberikan suaranya. Pengambilan suara bisa dilakukan dengan mengunakan perangkat smartphone, laptop atau PC dimana pun asal terkoneksi dengan internet.

Panitia dari kesiswaan akan memberikan laman link paslon ke semua pemilih siswa kelas X, XI, XII. dari masing-masing group kelas. Link tersebut akan dishare saat jadwal pencoblosan, senin 14 September 2020, dimulai dari pukul 08.00 – 12.00 WIB.

Kegiatan ini sebagai bentuk pembelajaran pendidikan demokratis melalui pengalaman praktis dalam pemilihan OSIS. Kita semua berharap saat pelaksanaan pemilihan OSIS ini agar bisa berjalan dengan lancar, sukses, jujur, dan adil tidak lepas dari dukungan semua pihak dan warga sekolah.

(Bidang Kesiswaan by Humas)

BERI KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 − four =