Pemilihan Ketua dan Wakil OSIS SMA Negeri 2 Ngawi Periode 2022-2023

0
934
Dok. Smadangawi

SMADANGAWI – Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) sebagai wadah yang memfasilitasi siswa untuk belajar berorganisasi bekerja sesuai tugasnya masing-masing. Juga pendorong berkembangnya kemampuan dan kreativitas siswa.

Siswa yang tergabung dalam bagian OSIS sebagai pengurus OSIS memiliki tugas dan tanggungjawab masing-masing sesuai bidang jabatan yang diembannya.

Pemilihan ketua OSIS (ketos) dan wakil ketua (waketos) masa periode 2022-2023 digelar sebagai pesta demokrasi di sekolah serta meneruskan tugas dan tanggungjawab yang diemban di kepengurusan OSIS sebelumnya.

Ketua umum pilketos Obriant Sardiansyah, siswa kelas XI IPS 3 menjelaskan, alur pemilihan ketua OSIS (pilketos) tahun 2022 dimulai penjaringan siswa dari unsur ketua umum ekstra kulikuler dan anggota OSIS secara akademik baik.

Dok. Istimewa

“Setelah terjaring sebanyak 17 siswa calon kandidat ketua OSIS, majelis perwakilan siswa (MPS) melakukan tes calon kandidat ketua OSIS maka di ambil 10 nama calon kandidat yang akan diserahkan ke tim kesiswaan,” jelas Obriant S. Selasa, (20/9/2022)

Dari hasil tahapan seleksi oleh tim kesiswaan memutuskan 2 paslon, yaitu paslon 1, calon ketua, Daffa Zalfano Islamy (XI MIPA 7) dan calon wakil ketua, Azarine Excel (XI MIPA 1) sedangkan paslon 2, calon ketua, Alfa Berliananda (XI MIPA 6) dan calon wakil ketua, Azalia Rafa (XI MIPA 5).

Kesempatan orasi visi dan misi oleh 2 paslon diberikan sesudah upacara bendera hari Senin,19 September 2022 lalu di depan siswa kelas X, XI, XII. Janji dan komitmen disampaikan oleh paslon jika menjadi ketua OSIS nantinya agar mendulang simpati dan suara terbanyak.

Pemungutan suara dilaksanakan, Jum’at, 23 September 2022. Panitia memilih aula sekolah untuk tempat bilik suara. Pemilih dari semua siswa secara terjadwal dan bergantian untuk memberikan hak suara dan pilihannya.

Hasil penghitungan suara dihitung hari berikutnya (24/9/2022). Kartu suara yang masuk ada 1021 kartu. Maka hasil perolehan untuk Paslon 1 dengan 711 suara dan Paslon 2 dengan 157 suara. Terdapat suara tidak sah ada 153 suara.

Akhirnya suara terbanyak diperoleh Paslon 1 dari pasangan Daffa Zalfano Islamy sebagai ketua OSIS dari kelas XI MIPA 7 dan Azarine Excel sebagai wakil ketua OSIS dari kelas XI MIPA 1.

Selamat mengemban tugas dan tanggungjawab OSIS 2022-2023!
___
(zie@humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 − 10 =