Ratusan Peserta Smp/MTS se-Kabupaten Ngawi Ikuti Olimid With SEO 2023

0
576

SMADANGAWI – Organisasi Intra Sekolah (Osis) dan SMADA English Club (SEC) menyelenggarakan kompetisi yang cukup menggairahkan para peserta SMP/MTs untuk mengasah kemampuan akademik pada bidang Matematika dan IPA (MIPA) dan Bahasa Inggris.

Kompetisi ini diselenggarakan langsung di SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia pada tanggal 17 Februari s.d. 12 Maret 2023 dengan rincian pelaksanaan sebagai berikut:

  1. Pendaftara peserta: 17 Februari s.d. 2 Maret 2023;
  2. Babak penyisihan: 11 Maret 2023, dan
  3. Babak semifinal dan final: 12 Maret 2023.

Kompetisi yang diikuti oleh 228 peserta tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Ngawi terdapat dua kategori bidang yaitu: Olimid (Olimpiade MIPA SMADA) dan SEO (SMADA English Olympiad).

Pada pelaksanaan babak penyisihan, peserta mengakses soal dengan menggunakan sistem CBT (Computer Based Text) SMADA yang terdapat di perangkat atau device berupa komputer atau tablet yang disediakan oleh panitia. Mereka diberikan durasi pengerjaan dalam waktu 2 jam.

Selanjutnya, setelah lolos dari babak penyisihan maka para peserta melanjutkan ke tahap semifinal dimana peserta Olimid mengerjakan kembali soal berbentuk uraian berdurasi 2 jam, sedagkan untuk peserta SEO akan menulis esai dengan mosi Inequality in Standards Privilige of Education Among Schools in Indonesia (Ketimpangan Standar Pendidikan antar Sekolah di Indonesia) dengan ketentuan minimal 350 kata dengan durasi 2 jam.

Selanjutnya, masuk ke tahap final para peserta Olimid melaksanakan lomba cerdas cermat yang dilakukan tiga babak yaitu babak pertama menjawab pertanyaan wajib dengan durasi 2 menit, babak kedua dengan menjawab pertanyaan dengan sistem lempar soal dengan durasi 2 menit, dan babak ketiga dengan sistem adu cepat dimana juri akan membacakan soal hingga para peserta merebut soal untuk dijawabnya.

Akhirnya setelah melalui beberapa tahap, para peserta yang sudah masuk final dapat diketahui juara yaitu Juara Olimid:

  • Juara 1: Anisa Ari Nugraheni dari SMP Negeri 2 Ngawi,
  • Juara 2: Nuri Ayu Berliana dari MTs Negeri 6 Ngawi,
  • Juara 3: Vanya Ardhanti Desire dari SMP Negeri 2 Ngawi, dan
  • Harapan 1: Irfan Dwi Andrika dari SMP Negeri 2 Ngawi.

Sedangkan, juara SEO:

  • Juara 1: Akid Ahza Kasnova dari SMP Negeri 1 Widodaren,
  • Juara 2: Muhammad Alwan Najib dari MTs Negeri 3 Ngawi,
  • Juara 3: Aira Allodya Maha Restu Afif dari MTs Negeri 5 Ngawi, dan
  • Harapan 1: Nabil Azka Nuril Qolbi dari SMP Muhammadiyah 5 Ngawi.

Raras Luh Andriani XI MIPA 7, Ketua Panitia Olimid with SEO menyampaikan bahwa ini merupakan pertama kalinya dia menjadi Ketua Panitia di event besar.

Menurutnya, pengalaman ini menjadi sebuah adrenalin hingga menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Dengan suksesnya kegiatan Olimid with SEO, bahwa Raras mengaku bisa memimpin dan mengelola sebuah acara yang baik.

“Meskipun memiliki banyak evaluasi yang harus diperbaiki, tapi saya cukup puas dengan hasil akhir event Olimid with SEO 2023 ini,” ujarnya.

Selanjutnya, harapan panitia tidak hanya peserta dari tingkat kabupaten Ngawi saja namun kedepannya bisa tingkat Karesidenan bahkan tingkat Provinsi atau Nasional.

Selamat kepada para panitia yang sudah menyukseskan acara Olimid with SEO!

(VSC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine + four =