Seminar Interaktif Warnai Peringatan Hari Guru Nasional 2023 di SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia

0
264

SMADANGAWI – Peringatan Hari Guru Nasional dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) diperingati pada tanggal 25 November 2023.

SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia memiliki serangkaian acara dalam peringatan tersebut khususnya yaitu Seminar Interaktif yang diselenggarakan oleh Tim Intelektual bekerja sama dengan Koordinator P5 dan Panitia HGN 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan dan dikemas berbeda dengan sebelumnya namun tetap menghadirkan para alumnus bekerja di bidang kesehatan dan Pendidikan sebagai motivator taruna-taruni di kelas X dan XI.

Adapun seminar interaktif ini bertajuk “Membangun Mental dan Karakter Tangguh Remaja Generasi Z untuk Menyongsong Indonesia Emas 2045” dengan dua narassumber yaitu Naufal Rizki Fadhillah (Mahasiswa S1 Psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta dan Luthfi Awwalia, S.Pd., M.Pd. (Dosen Universitas Trunojoyo Madura). Mereka merupakan alumnus dari SMA Negeri 2 Ngawi yang berbeda angkatan.

Seminar ini juga menyelaraskan dari tema peringatan HGN 2023 yaitu “Belajar Tumbuh Bersama Guru sebagai Teladan Kesehatan Mental” dan tema P5 yaitu “Bangunlah Jiwa dan Raganya”.

Naufal Rizki F. (Alumnus SMD 2022)

Seminar interaktif ini dilaksanakan pada hari Rabu, 22 November 2023 di Serambi Masjid Ash-Sholihin SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia. Acara ini diikuti Kelas X dan XI. Mereka begitu antusias mendengarkan materi dan motivasi yang diberikan oleh dua pembicara tersebut hingga mampu aktif bertanya terkait materi yang diberikan oleh narasumber.

“Halo, Taruna dan Taruni SMA Negeri 2 Ngawi. Aku harap, adik-adik di SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia bisa dapat inspirasi buat punya semangat tinggi dalam belajar dan menghadapi problem selepas diskusi pertemuan kita ya? Ingat, penurunan motivasi itu wajar, jadi jangan nyerah ya!

Temuin “kenapa” atau tujuan yang kuat buat jadi pemicu motivasi kalian. Dan soal pilih jurusan, konsultasi sama Guru BK atau Psikolog bisa bantu banget. Jadi jangan ragu buat cerita.

“Semoga adik-adik bisa temukan passion dan tujuan hidup, dan ingat, pendidikan tuh kunci buat buka pintu kebebasan dan sukses! Keep the spirit alive, Guys,” ungkap Naufal saat memberikan ilmu dan pengalaman kepada adik-adiknya.

“Semakin tinggi cita-cita yang ingin diraih, semakin banyak badai yang harus dilalui. Memang tidak mudah, tapi sebagai generasi dengan segudang kemudahan. Jangan mau jadi lemah dan jangan mudah lesu utk jadi Tangguh!” tambah Mrs. Luthfi saat memberikan hadiah kepada para adiknya yang berani bertanya setelah pemberian materinya.

Luthfi Awwalia, S.Pd., M.Pd. (Alumnus SMD 2013)

Pada akhir seminar, SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia memberikan sebuah kenang-kenangan sebagai bentuk penghargaan dan kerjasama alumni yang sudah meluangkan waktunya untuk kembali ke sekolahnya.

Lebih lanjut, Bapak Tjahjono Widarmanto, M.Pd. seabagai Koordinator Intelektual menambahkan bahwa acara Seminar Interaktif seperti ini harus berlanjut namun dikemas dengan tampilan semenarik mungkin sesuai dengan minat dan bakat siswa.

Hal ini menjadikan cara untuk menambah ilmu dan pengalaman di luar kelas oleh para Taruna-Taruni agar lebih terarah dan tertata untuk masa depan dan menjadi generasi calon pemimpin bangsa. (VSC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five − 1 =