Smadangawi Taruna Indonesia Penyaji Terbaik Event Ngawi Night Carnival 2022

0
1302
Foto : Humas Smadangawi

SMADANGAWI – Ngawi Night Carnival (NNC) Tahun 2022 Kabupaten Ngawi merupakan sebuah event yang diselenggarakan oleh Bupati Ngawi mendasar pada nomor 188/214/404.101.2/b/2022 tanggal 8 Juni 2022 sebagai peringatan Hari Jadi ke – 664 Kabupaten Ngawi dan Hari Ulang Tahun ke – 77 Republik Indonesia.

Carnival ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Agustus 2022 pukul 19.00 WIB s.d. selesai dimulai pemberangkatan dari air mancur depan Paseban Pemerintah Kabupaten Ngawi sampai selesai di Stadion Ketonggo, Beran Ngawi.

Event NNC ini mengambil tema “Mengembangkan Potensi Budaya Lokal untuk Bangkit Lebih Kuat” dengan kategori peserta SD/MI se-derajat, SMP/MTs se-derajat, SMA/SMK/MA se-derajat, dan umum.

Adapun kriteria penilaian yang ditentukan oleh panitia NNCmeliputi: Orisinal (Keindahan, Kerapian, dan Ketertiban), Kesesuaian Tema, dan Inovasi serta Kreativitas. Selain itu, mobil pendukung peserta NNC disarankan untuk mobil roda 4 dan dihias ketinggian maksimal 3 meter.

Berdasarkan berita acara lima penyaji terbaik tingkat SMA/SMK/MA se-derajat maka diputuskan nomor peserta C1 dari SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia mendapatkan penyaji terbaik nomor urut 1, selanjutnya disusul oleh peserta C2 dari SMA Negeri 1 Ngawi nomor urut 2, peserta C3 dari SMK Trisakti Ngawi nomor urut 3, peserta C5 dari SMK PGRI 1 Ngawi nomor urut 4, dan MA Negeri 1 Ngawi nomor urut 5.

“Alhamdulillah bersyukur SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia bisa menyajikan penampilan terbaik untuk persembahan masyarakat Kabupaten Ngawi dengan mengangkat tradisi budaya kearifan lokal Ngawi yaitu tradisi panen atau methil”, ucap Ibu Vinsca Sabrina Claudia, M.Pd. selaku LO (Liason Officer) Carnival SMADA.

NNC dari peserta SMA Negeri 2 Ngawi mengerucutkan tema dengan mengembangkan salah satu tradisi budaya kearifan lokal Ngawi yaitu tradisi panen raya “methil”. Tema ini memberikan arti perwujudan untuk menghormati Dewi Sri yang diyakini orang Jawa sebagai dewi padi pembawa berkah dalam bidang pertanian. Hal ini sebagai wujud kebangkitan kabupaten Ngawi sebagai wilayah agraris dalam sentra produksi padi untuk memasok kebutuhan beras nasional.

Dok. Humas Smadangawi

Selain itu, seni tari dari SMADA Ngawi yaitu Tari Semarak Dewi Sri turut memberikan tampilan di panggung kehormatan dengan binaan dan arahan langsung dari Ibu Nova Elsi Guntari S.Sn. dan Ibu Ika Wiwidyawati, S.Sn. Tari ini menceritakan kebahagiaan dan rasasyukur pada Tuhan tanpa menghilangkan seorang Dewi sebagai Dewi Padi.

“Alhamdulillah patut bersyukur kepada Allah swt karena SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia suah menyajikan terbaik dan menjadi terkesan untuk masyarakat Kabupaten Ngawi,” ujar Ketua Panitia Carnival SMADA yaitu Bapak Eko Budianto, M.Pd.

Lebih lanjut, Ketua Panitia sekaligus Waka Kesiswaan menambahkan bahwa harapan kedepannya Carnival SMADA harus selalu menyajikan yang terbaik dan juara untuk Taruna Indonesia. (VSC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine + eight =