Tips Menghilangkan Rasa Kantuk di Kelas

0
527

Beberapa orang mungkin mengalami masalah ketika sedang berusaha menyerap informasi, terutama dalam kondisi kelas atau pertemuan yang teramat sangat membosankan. Akibatnya, kita yang ikut dalam kegiatan itu menjadi tidak konsentrasi dan mengantuk bahkan tertidur. Sewaktu berada dalam kondisi seperti ini, banyak orang yang lebih memilih untuk tidur dan melewatkan informasi atau pelajaran yang disampaikan, tetapi setelah selesai pelajaran maka muncul penyesalan yang mengganggu. Apalagi ketika menjelang ujian dan materi ujian tersebut tidak ditemukan dimana pun terkecuali dari penyampaian guru.

Mengantuk memang sangat manusiawi, tetapi ketika itu muncul di saat yang tidak tepat, kita perlu mengupayakan hal itu agar tidak terjadi. Ada beberapa cara yang mungkin bisa membantu kamu dalam menanggulangi ngantuk di kelas, yaitu :

Motivasi tetap yang utama

Motivasi untuk belajar memang memegang peranan yang sangat penting dalam mencegah rasa kantuk. Niatkan dalam diri kamu bahwa kamu memang membutuhkan informasi yang disampaikan oleh guru. Sehingga kamu seolah-olah menjadi orang yang haus informasi.

Segarkan mata kamu

Pembawaan yang membosankan membuat kamu akan semakin jenuh dan mengantuk, bahkan tertidur. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah pergi keluar kelas sejenak atau alihkan pemandangan kamu ke luar jendela (sebentar saja) sehingga mata kamu menjadi lebih segar.

Buatlah catatan sesuai selera kamu

Mencatat memang kegiatan yang membosankan bagi sebagian orang, tetapi catatan juga bisa menjadi sarana untuk menghilangkan rasa kantuk kamu. Caranya adalah gunakan imajinasi kamu untuk mengaitkan informasi yang kamu dengarkan dengan simbol-simbol yang bisa kamu ilustrasikan di buku catatan kamu. Pakailah berbagai warna sehingga terlihat lebih menarik.

Minta Bantuan Pada Air

Langkah lainnya adalah memanfaatkan air untuk menghilangkan rasa kantuk kamu. Perbanyak minum air putih dan basuhlah wajah kamu dengan air sehingga suasana tubuh kamu menjadi lebih segar.

Tunjukkan keberadaan kamu!

Langkah yang paling mujarab adalah dengan cara menunjukkan diri kamu di kelas. Ketika kamu aktif di kelas, maka rasa kantuk kamu akan berkurang bahkan hilang. Ketika kamu mengajukan argumen di kelas, maka otak kamu akan dirangsang untuk tetap berkonsentrasi, paling tidak kamu akan menunggu respon dari guru tentang argumen yang kamu sampaikan. Selain itu, kecenderungan guru ketika kamu menyampaikan argumen, guru itu akan menjadikan kamu sebagai pusat perhatiannya dan kamu akan sangat sulit untuk mengantuk.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari rasa kantuk di kelas. Namun, rasa kantuk tidak akan sering muncul apabila kamu memiliki waktu tidur yang cukup. Oleh karena itu, gunakan cara-cara di atas ketika kamu memang sudah beristirahat sebelumnya, karena tubuh kita memang sangat membutuhkan istirahat. Jika kamu sudah beristirahat namun masih mengantuk, silahkan gunakan cara-cara tersebut. Selamat Mencoba.

BERI KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine + six =