Agestsia Cahya Raih Medali Perunggu pada Olimpiade Bahasa Indonesia dan Korea

0
1128
Dok. Smadangawi

SMADANGAWI – Prisma Language Competition 2022 merupakan kompetisi olimpiade berskala Nasional diselenggarakan oleh Prisma Cendekia Foundation bekerja sama dengan Yayasan Konde Cut Nyak Dien (YKC). Olimpiade ini ditujukan kepada peserta tingkat SD/se-derajat, SMP/MTs se-derajat, dan SMA/SMK se-derajat tingkat Nasional.

Adapun bidang lomba yang diujikan sebagai berikut: (1) Tingkat SD dan SMP/MTs: bidang bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa Arab, dan (2) Tingkat SMA/SMK: bidang bahasa Inggris, bahasa Indonesia, bahasa Arab, bahasa Jepang, dan bahasa Korea.

Agestsia Cahya Puryansyah merupakan perwakilan siswa dari SMA Negeri 2 Ngawi kelas XI MIPA 3 mengikuti Olimpiade 2 bidang bahasa yaitu Olimpiade bahasa Indonesia dan bahasa Korea. Dua olimpiade bahasa ini mngujikan tentang soal-soal tentang kebahasaan sesuai dengan bidangnya masing-masing pada jenjang tingkat SMA.

Yaitu pada bidang bahasa Indonesia tentang kemampuan baca dan menulis, penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, dan materi atau pembelajaran tingkat SMA sedangkan bidang bahasa Korea tentang pemahaman struktur kalimat, pemahaman struktur kalimat, pemahaman bacaan dan menulis hangeul, dan pengetahuan umum mengenai Korea Selatan.

Olimpiade bahasa ini dilaksanakan secara daring di rumah masing-masing dengan melakukan registrasi pendaftara pada tanggal 1-10 Juni 2022, dilanjut pelaksanaan kompetisi pada tanggal 11-12 Juni 2022, dan pengumuman hasil juara pada tanggal 13 Juni 2022.

Berdasarkan pengumuman hasil panitia pada tanggal 13 Juni 2022, siswa yang duduk di kelas XI MIPA 3 sekaligus Wakil Ketua Umum SMADA Art memperoleh medali perunggu di bidang bahasa Indonesia dan bahasa Korea SMA/SMK se-derajat tingkat Nasional.

“Senang dan bangga bisa berkompetisi dengan ratusan siswa-siswi terbaik yang berasal dari pelosok negeri. Tak hanya itu, saya juga senang bisa menyumbang prestasi untuk SMADA,” ujar Agestsia atau bisa dipanggil Agest.

Lebih lanjut, Agest memberikan tambahan ingin mengembangkan kemampuan dan minat khususnya di bidang bahasa. Selain itu, dengan mengikuti kompetisi olimpiade dapat meningkatkan bakat, kompetisi, dan pengalaman di bidang yang dikuasai agar bisa memberikan motivasi kepada teman-teman SMA Negeri 2 Ngawi untuk menunjukkan bakat di tingkat regional maupun Nasional. (VSC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × 4 =