Bangun Jiwa Enterpreneur Batik Modern Sejak Dini Melalui Kegiatan P5 Bertema Kewirausahaan

0
1526

SMADANGAWI — Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka merupakan kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Untuk mencapai kompetensi yang diharapkan, maka SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia pada tahun ajaran 2022/2023 untuk kelas X sedang menerapkan Kurikulum Merdeka.

Salah satu pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka dengan menerapkan P5. Terkait dengan penerapan P5, pada tahun ajaran ini menerapkan pada tema kedua “Kewirausahaan” dengan dimensi mandiri, kreatif, berkebinekaan global, dan gotong royong. Proyek yang dibuat adalah kain batik dengan teknik jumputan atau celup, teknik cap, dan teknik ecoprint.

Tepat pada Selasa, 21 Maret 2023, telah dilaksanakan Pameran P5 pelaksanaan Kurikulum Merdeka di masing-masing kelas X. Pameran diikuti oleh seluruh siswa kelas X dengan menampilkan hasil proyek masing-masing kelompok yaitu proyek yang terbuat dari pengolahan kain batik teknik jumputan atau celup, teknik cap, dan teknik ecoprint seperti selembar kain utuh, baju batik, batik tote bag, rok batik, pakaian anak batik, dsb.

Semua karya ditampilkan dengan sangat menarik. Selain itu, ada juga proyek dalam bentuk tarian pembuatan batik, video pembuatan batik, dan bazar batik.

Selanjutnya, hasil proyek pameran P5 dikunjungi oleh Bapak/Ibu Guru dan para siswa kelas XI dan XII SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia. Antusiasme siswa kelas X dan warga sekolah merebak ke seluruh penjuru sekolah.

Harapannya untuk menumbuhkan jiwa enterpreneur di usia muda hingga nantinya bisa menciptakan lapangan kerja sendiri hingga membantu negara untuk menurunkan angka kemiskinan. Selain itu, mereka dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter selama berproses antara lain mandiri, kreatif, berkebinekaan global, dan gotong royong.

Selama kegiatan P5 berlangsung, mereka turut didamping dan didukung oleh koordinator kelasnya yaitu (1) X-1 s.d. X-4: Utami Saptorini, S.Pd.; (2) X-5 s.d. X-7: Vinsca Sabrina Claudia, M.Pd., dan (3) X-8 s.d. X-10: Sasmiati, M.Pd.

Harapannya dengan pemilihan tema kewirausahaan yaitu Batik Modern diharapkan siswa berperan aktif dalam menyalurkan kreativitasnya dan menggali untuk mengeksplorasi budaya sekitar yang dituangkan dalam kain. Semoga kegiatan ini bisa menjadi pelajaran bagi calon entrepreneur muda dari SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia. (VSC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × five =