Mengenal Budaya Khas Kabupaten Ngawi Melalui Kegiatan P5 Bertema Kearifan Lokal

1
4510

SMADANGAWI — SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia pada akhir tahun ajaran 2022/2023 untuk kelas X sedang menerapkan Kurikulum Merdeka dengan melaksanakan kegiatan P5.

Terkait dengan penerapan P5, pada akhir tahun ajaran ini menerapkan pada tema ketiga “Kearifan Lokal” dengan dimensi mandiri, kreatif, berkebinekaan global, dan gotong royong. Proyek yang dibuat adalah video vlog kearifan lokal Kabupaten Ngawi dan laporan hasil kegiatan P5.

Tepat pada Senin, 29 Mei 2023, telah dilaksanakan Pameran P5 yang dikonsep dengan seminar kecil yang terbagi menjadi lima ruang yaitu (1) Aula Siswa: kelas X-1 dan X-10; (2) Aula Guru: kelas X-2 dan X-9; (3) Kelas X-7: kelas X-3 dan X-8; (4) Kelas X-8: kelas X-4 dan X-7, dan (5) Kelas X-9: kelas X-5 dan X-6.

Pameran diikuti oleh seluruh siswa kelas X dengan mempresentasikan hasil proyek masing-masing kelompok antara lain: Makanan Khas Kripik Tempe, Sejarah Tari Penthul Melikan, Sejarah Methil Tebu Manten PG. Soedhono Geneng, Sejarah Benteng Van De Bosch, Sejarah Padepokan Srigati, Kampung Kerbau Widodaren, Museum Trinil, dll.

Semua hasil observasi lapangan yang dilakukan oleh siswa ditampilkan dengan sangat menarik. Selain itu, mereka juga menampilkan hasil kegiatannya dengan melakukan wawancara dengan para sesepuh atau juru kunci.

Selanjutnya, hasil proyek pameran “Kearifan Lokal” dinilai langsung oleh para fasilitator dan wali kelas yang mengampu dikelasnya. Harapannya dengan mengambil “Kearifan Lokal Budaya Kabupaten Ngawi” agar siswa SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia mampu mengenal dan mempelajari budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Ngawi, menumbuhkan rasa cinta terhadap keberagaman budaya daerah Kabupaten Ngawi, serta melindungi dan melestarikan napak tilas yang sudah ditinggalkan.

Selama kegiatan P5 berlangsung, mereka turut didamping dan didukung oleh koordinator kelasnya yaitu (1) X-1 s.d. X-4: Utami Saptorini, S.Pd.; (2) X-5 s.d. X-7: Vinsca Sabrina Claudia, M.Pd., dan (3) X-8 s.d. X-10: Sasmiati, M.Pd.

Harapannya dengan pemilihan tema kearifan lokal yaitu dapat bisa memberikan pemahaman tentang warisan leluhur yang harus dilestarikan dengan baik. Hal ini mampu meningkatkan kreativitas anak terlebih kepada siswa kelas X SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia. (VSC)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen − 6 =