Diklat Resimen Taruna (Mentar) Angkatan 2 SMA Negeri 2 Ngawi 2023

0
279

SMADANGAWI – Resimen Taruna (Mentar) di SMA Negeri 2 Ngawi yang tergabung dalam Divisi Military di Program Unggulan IMER. Peserta Diklat Mentar dari siswa kelas XI yang dipilih secara selektif oleh Mentar angkatan 1 dan tim divisi military.

Diklat resimen taruna ini dilaksanakan pada tanggal 2-4 September 2023 di Yon Armed Kostrad 12 Ngawi. Kegiatan berlangsung 3 hari 2 malam diikuti 50 Mentar. Peserta yang mengikuti diklat resimen setelah melewati ujian tes masuk resimen yang ketes jasmani dan tes pengetahuan. Peserta dari 25 taruna dan 25 taruni. yang tangguh terpilih juga melalui tes jasmani meliputi lari 12 menit, push up, sit up, pull up, dan channing.

Para calon mentar tidak hanya dituntut untuk memiliki fisik yang bagus tetapi juga dituntut untuk cerdas dan cekatan sehingga dilaksanakan tes pengetahuan berupa wawancara oleh pembina resimen dan tentara dari Yon Armed Kostrad 12.

Kurang lebih sekitar 100 lebih taruna/taruni yang mengikuti tes calon mentar Smada tetapi yang terseleksi dan diterima untuk menjadi Mentar Smada hanya dipilih 50 orang.

Pembina dan pelatih memiliki kriteria yang cukup ketat untuk menentukan calon penerus mentar Smada. Salah satunya memiliki fisik yang kuat dan wawasan yang luas serta sikap yang baik untuk menjadi suri tauladan yang baik bagi para taruna/i di SMA Negeri 2 Ngawi.

Kegiatan diklat hari pertama dimulai, Sabtu 2 September 2023, calon mentar berangkat sekitar pukul 05.30 menuju Yon Armed Kostrad 12 dengan menaiki truk armed. Setibanya di lokasi diklat, taruna taruni melaksanakan apel pembukaan yang dihadiri oleh pembina resimen.

Materi diklat dengan semi unsur kemiliteran, kepemimpinan, navrat, wawasan kebangsaan, organisasi mentar, outbound, dan snappling. Dengan banyaknya aktivitas yang dilaksanakan, pembina memberi jadwal ishoma sesuai jadwal.

Diakhir diklat, pembina memberi kesempatan semua mentar untuk menunjukkan kreativitas dan potensi bakat dimiliki melalui pentas seni, dilanjutkan malam tradisi dimana semua mentar dilantik menjadi anggota resimen.

Hari terakhir, para mentar bersiap untuk long march rute dari Yon Armed Kostrad 12 melewati rute Jalan Siliwangi, Jalan P.B Sudirman, Jalan Trunojoyo, Jalan Brawijaya, Jalan Yos Sudarso, Jalan Ahmad Yani dan Jalan raya Maospati-Ngawi. Perjalanan menuju ke SMA Negeri 2 Ngawi dengan jarak tempuh sekitar 8 km.

Selama diklat para mentar merasa senang dan bangga karena dapat menjalani diklat dengan unsur kemiliteran selama 3 hari. Banyak ilmu yang didapatkan mulai dari belajar berlatih disiplin dan manajemen waktu.

Harapan diklat mentar tahun berikutnya resimen di SMA Negeri 2 Ngawi dapat lebih baik lagi dan terus menjadi suri tauladan yang baik bagi taruna/i di SMA Negeri 2 Ngawi.
(zie/af)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − nineteen =