Forsmawi Integrated Olympiad 2023, Smadangawi Raih Juara 2 Olimpiade MIPA

0
596
Dok. Smadangawi

SMADANGAWI – Forsmawi Integrated Olympiad (FIO) 2023 merupakan kompetisi olimpiade bergengsi yang dilaksanakan oleh FORSMAWI (Forum Silaturahmi Mahasiswa Ngawi).

Kegiatan ini bertujuan untuk ikut serta meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya wilayah Kabupaten Ngawi dengan memberikan sebuah kompetisi mata pelajaran yang kompetitif bagi siswa-siswi SD/sederajat, SMP/sederajat, dan SMA/sederajat.

Selain itu, turut membantu memperkenalkan program dan kiat olimpiade sebagai batu loncatan ke arah kompetisi yang membangun sumber manusia yang cerdas.

Adapun ketentuan peserta FIO 2023 adalah siswa/siswa SD/MI merupakan individu atau tunggal sedangkan kategori pesera siswa/siswi SMP/MTs dan SMA/SMK/MA berbentuk tim berjumlah tiga orang.

Selanjutnya, diujikan untuk peserta pada jenjang SD/MI dan SMP/MTs se-derajat yaitu mata pelajaran Matematika, IPA, dan IPS sedangkan SMA dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori IPA dan IPS.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 14 Januari 2023 untuk babak penyisihan, tanggal 21 Januari 2023 untuk babak semifinal, dan tanggal 23 Januari 2022 untuk babak final.

Olimpiade ini diikuti tiga tim dari SMADA Ngawi kategori IPA yaitu (1) Tim 1: Gymnastiar Ridho (XI MIPA 1), Mustofa Nur Ramadhani (XI MIPA 2), dan Aldila Ramadhani P.P. (XI MIPA 5); (2) Tim 2: Lulu Elangza, Devina Nuraini, dan Rona Berlina Priastria (XI MIPA 7), dan (3) Tim 3: Claresta Delarosa Putri, Desi Candra Dewi, dan Dini Artika Kusuma Wardhani (XI MIPA 4).

Berdasarkan pengumuman panitia pada tanggal 21 Januari 2023 yaitu babak semifinal, alhamdulillah Tim 1 mendapatkan peringkat 1 dan Tim 2 mendapatkan peringkat 6 hingga lolos maju ke babak final.

Selanjutnya, pada final terdapat sesi presentasi dimana setiap tim memaparkan topik yang didapatkan sesuai undian yang diperolehnya. Acara ini diselenggarakan di SMK PGRI 1 Ngawi.

Akan tetapi, saat pengumuman kejuaraan diberitahukan dalam acara Forsmawi Festival 2023 di Gor Bung Hatta Ngawi bahwa tim 1 dari SMADA Ngawi memperoleh Juara 2 kategori Olimpiade MIPA.

“Tentunya kami sangat bersyukur dan senang karena lomba kali ini bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan dalam ajang olimpiade. Untuk itu, kami akan lebih fokus dan banyak belajar untuk mengikuti olimpiade selanjutnya,” ujar Ketua Tim 1 yaitu Gymnastiar Ridho.

Selanjutnya, Ketua Tim 1 yang notabene juga aktif dalam Organisasi Intra Sekolah (Osis) menambahkan bahwa jika ingin termotivasi untuk mengikuti ajang lomba terutama di tingkat nasional agar lebih terasah kemampuan yang dimiliki.

Lebih lanjut, dengan memiliki harapan jika ingin selalu membanggakan nama SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia dengan cara mengikuti berbagai lomba berkelas dan bisa lebih disegani banyak orang di berbagai kalangan. (VSC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twenty − 6 =