Kiprah Siswa Smadangawi dalam Kegiatan Bulan Ramadhan 2024

0
176

SMADANGAWI – Setiap bulan ramadhan kiprah siswa SMA Negeri 2 Ngawi dengan antusias menyambut dengan kegiatan pondok ramadhan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari tanggal 2 dan 4 April 2024 bertemakan “Mewujudkan Generasi Muda yang Totalitas dalam Beribadah di Bulan Suci Ramadhan.”

Pembukaan peserta pondok ramadhan oleh Kepala SMA Negeri 2 Ngawi, Drs. Makmun Fatoni di aula sekolah. Materi yang diberikan ke peserta mulai dari materi fiqih ibadah tentang thaharah, wudhu, mandi besar, praktek fiqih, moderasi beragama hingga adab pergaulan muslim anti bullying. Sebelum pulang, siswa diharuskan sholat dhuhur berjamaah.

Pondok ramadhan dilaksanakan dengan melibatkan ekskul tama dan divisi imer religius dengan bimbingan guru pendidikan agama Islam. Sedangkan tim fasilitator materi oleh ustadz dan ustadzah Pondok Pesantren Gontor dan tim LPAM Ngawi.

Selain kegiatan pondok ramadhan juga diadakan pengumpulan zakat fitrah siswa dikoordinasi oleh Ekskul Tama. Kegiatan yang dapat melatih siswa melaksanakan rukun Islam terhadap zakat fitrah dan melatih menumbuhkembangkan kesadaran siswa akan pentingnya zakat fitrah. Selanjutnya dibagikan yang berhak menerimanya baik siswa yang tidak mampu, lingkungan sekitar sekolah dan pihak luar yang mengajukan permohonan zakat fitrah.

Kegiatan pondok pesantren di sekolah menjadi landasan yang kokoh bagi peserta untuk mempersiapkan diri secara lebih baik dalam menjalani bulan suci ramadhan. Mereka tidak hanya dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan praktis terkait ibadah, tetapi juga diberi motivasi dan inspirasi untuk menjalankan ibadah dengan totalitas dan keikhlasan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Harapan ke depannya dengan semangat dan pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan ini dapat terus tumbuh dan menjadi bagian integral dari kehidupan peserta, tidak hanya selama bulan ramadhan tetapi sepanjang tahun. Pondok ramadhan akan menjadi langkah awal yang penting dalam mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci ramadhan dengan penuh kesadaran dan keikhlasan. (zie/firdaus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine + eleven =