MPLS SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia Bertajuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila

0
306
Pembukaan MPLS SMA/SMK 2023/2024 Serentak Se-Jawa Timur Bersama Gubernur Jawa Timur Secara Zoom

SMADANGAWI – MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia merupakan sebuah kegiatan pertama masuk sekolah yang dilakukan oleh para siswa baru untuk mengenal program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah.

Kegiatan MPLS ini dilaksanakan mulai tanggal 14 Juli 2023 dilanjut 17 s.d. 21 Juli 2023 bertajuk penguatan profil pelajar Pancasila dengan harapan bisa menerapkan dan mencapai kompetensi pembelajaran dan karakteristik siswa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Tercatat ada 386 calon siswa yang dinyatakan diterima di SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia mengikuti kegiatan MPLS diawali dengan Pra MPLS dilaksanakan pada hari Jumat, 14 Juli 2023 diisi dengan agenda pengenalan pendamping kelas dari Guru, Osis, dan Resimen.

Adapun para pendamping dari Guru antara lain: Dody Hangga W., S.Pd., Gr. (Kelas UI), Rangga Adi P., S.Pd. (Kelas ITB), Bondan Ardiansyah, S.S. (Kelas UGM), Yanita Perwira S., S.Pd. Gr. (Kelas UNDIP), Muh. Irfan M., S.Pd. (Kelas UNS), Shinta Rosandi, S.Pd., Gr. (Kelas UB), Vinsca Sabrina Claudia, M.Pd. (Kelas ITS), Meyda Purnawati, S.Pd. (Kelas UNAIR), Grizka Luthfiah P., S.Pd. (Kelas UNEJ), dan Elma Widya S. S.Pd. (Kelas UPI). Setelah itu sedikit pengenalan tentang budaya di SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia dan pemberian informasi terkait barang-barang yang harus dibawa saat MPLS berlangsung.

Pembekalan Materi Kesamaptaan oleh Yon Armed 12 Kostrad

Dilanjutkan, pada tanggal 17 s.d. 21 Juli 2023. Pada kegiatan pertama diawali dengan pembukaan MPLS SMA Provinsi Jawa Timur bersama Gbubernur Jawa Timur yaitu Ibu Khofifah Indar Parawansa disertakan dengan penyematan tanda peserta MPLS oleh Kepala SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia yaitu Drs. Makmun Fatoni, M.Pd.

Selanjutnya, setiap harinya diadakan kegiatan kesemaptaan dan edukasi kebiasaan baru di SMADA bekerjasama dengan pihak Yon Armed 12 Ngawi. Saat pemberian materi turut dibantu oleh para Resimen Taruna Indonesia.

Saat membimbing dan mendampingi tidak hanya fokus dalam materi namun terdapat kegiatan kreativitas berupa adu yel-yel masing-masing kelas dengan penampilan yel yel terbaiknya.

Kegiatan di Kelas Materi Wawasan Wiyata Mandala Bersama Siswa Baru

Disinilah penguatan profil pelajar pancasila dengan pemberian materi yang disampaikan oleh Bapak/Ibu Guru antara lain: materi Ketarunaan, Pendidikan Kurikulum, Profil SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia, Visi Misi Sekolah, Program IMER, Tata Tertib, Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Cara Belajar Efektif, dan Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Pada hari terakhir MPLS, terdapat kegiatan roadshow kesehatan yang diadakan oleh Dinas Kesehatan memberikan materi kepada para siswi SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia terkait dengan penyakit anemia.

Setelah roadshow selesai, dilanjut acara demo ekstrakurikuler siswa yang terdapat di SMA Negeri 2 Ngawi. Mereka menunjukkan bakat dan minatnya sesuai bidangnya hingga mampu menarik perhatian para calon anggota baru.

Pada penghujung acara terdapat closing ceremony yang sudah disusun oleh panitia sedemikian rupa hingga seluruh peserta terkesan dengan kegiatan MPLS SMADA 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan basket dengan mengumpulkan seluruh peserta dan memberikan sedikit renungan kepada peserta MPLS.

Pengenalan Ekstrakurikuler pada Siswa Baru

“Bangga dan juga senang karena mendapatkan peserta didik dan juga teman baru yang dimana mereka menjadi keluarga besar di SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia,” ungkap Daffa Zalfano selaku Ketua Osis/Komandan Resimen di SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia.

Selama kegiatan MPLS di SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia turut serta dibimbing dan dibina langsung oleh Eko Budianto, M.Pd. selaku Ketua Pelaksana.

Lebih lanjut, Daffa menambahkan bahwa ada harapan untuk adik-adik kelas XI dan X dapat terus melanjutkan perjuangan dan mengharumkan nama besar SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia. Selamat kepada siswa baru Angkatan SMADA 60 / Taruna 2 menjadi keluarga SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia! (VSC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 − 14 =