Smadangawi Gelar Pameran dan Aksi Nyata Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

0
96

SMADANGAWI — Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).

Untuk mencapai kompetensi yang diharapkan, maka SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia pada tahun ajaran 2022/2023 untuk kelas X sedang menerapkan Kurikulum Merdeka.

Salah satu pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka dengan menerapkan P5. Terkait dengan penerapan P5, pada tahun ajaran ini menerapkan pada tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dengan menindaklanjuti permasalahan limbah di lingkungan SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia.

Tepat pada Jumat, 23 September 2022, telah dilaksanakan Pameran P5 pelaksanaan Kurikulum Merdeka di masing-masing kelas X. Pameran diikuti oleh seluruh siswa kelas X dengan menampilkan hasil proyek masing-masing kelas yaitu proyek yang terbuat dari pengolahan limbah sekolah seperti bunga, tempat alat tulis, tempat jilbab, bahkan tempat duduk dari limbah botol air mineral.

Semua karya ditampilkan dengan sangat menarik. Selain itu, ada juga proyek dalam bentuk video anti limbah, pemanfaatan barang plastik menjadi barang serba bisa, dan sebagainya. Hasil pameran ini turut serta dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jawa Timur ke-77.

Selanjutnya, hasil proyek pameran P5 dikunjungi oleh Bapak/Ibu Guru dan para siswa kelas XI dan XII SMA Negeri 2 Ngawi. Antusiasme siswa kelas X dan warga sekolah merebak ke seluruh penjuru sekolah. Selain merupakan hal baru baik bagi siswa maupun guru, tema dan sub tema yang dipilih sangat dekat dengan permasalahan yang kerap muncul di kalangan masyarakat khususnya lingkungan sekolah.

Harapannya dapat meningkatkan kreativitas siswa agar lebih mencintai alam sekitar dengan cara memanfaatkan barang berbahan plastik agar tidak menimbulkan masalah di lingkungan. Selain itu, mereka dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter selama berproses antara lain berakhlak mulia dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, Gotong royong, Mandiri, dan Kreatif.

Dok. Humas Smadangawi

Puncaknya dilakukan pemberian piagam penghargaan atas pameran hasil proyek terbaik. Pemberian penghargaan diberikan langsung oleh Kepala SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia yaitu Bapak Agus Supriyono, M.Pd. Berikut hasil juara yang diperoleh: Juara 1 diperoleh kelas X-2, Juara 2 diperoleh kelas X-1, dan Juara 3 diperoleh kelas X-9.

Harapannya dengan pemberian penghargaan seperti ini dapat melaksanakan projek berikutnya yang lebih menantang dan semangat dalam melaksanakan P5. (VSC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten − 5 =