Smadangawi Gelar Pekan Festival Budaya Melalui Kegiatan P5 Bertema Ragam Karya Smada untuk Nusantara

0
183

SMADANGAWI — Pekan Festival Budaya SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia bertema “Ragam Karya SMADA untuk Nusantara” memberikan kesempatan para peserta didik khususnya kelas X dan XI di SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia untuk mengenal ragam budaya yang dimiliki oleh Nusantara sebagai bekal dalam membentuk kepribadian sesuai Profil Pelajar Pancasila.

Tema yang diusung bertujuan untuk lebih aktif mengenal, menghargai dan menumbuhkan rasa menghormati tentang keanekaragaman budaya sehingga dapat membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan.

Proyek dengan metode pembelajaran yang aktif dan berpusat pada para peserta didik diharapkan menjadi perangkat yang menawarkan titik temu kolaborasi dan mengidentifikasi keberagaman lingkungan masyarakat dalam menghadapi kehidupan yang serba teknologi.

Melalui proyek ini, Peserta didik pada akhirnya diharapkan telah mengembangkan secara spesifik tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu: (1) Berkhebinnekaan Global, (2) Gotong Royong, dan (3) Kreatif.

Proyek ini digelar saat Gebyar P5 merupakan sebuah penampilan tiga macam proses kreativitas selama belajar P5, antara lain: Tarian Daerah, Musik atau Lagu Daerah, dan Makanan Daerah yang ditampilkan oleh masing-masing kelas.

Antara lain: (1) XI-2: Jawa Timur, (2) X-1: Daerah Istimewa Yogyakarta, (3) X-9: DKI Jakarta, (4) XI-3: Jawa Barat, (5) X-6: Papua, (6) X-8: Jawa Tengah, (7) XI-8: Nanggroe Aceh Darussalam, (8) X-10: Madura, (9) X-5: Bali, (10) X-4: Sumatera Selatan, (11) XI-5: Sulawesi Utara.

Kemudian (12) XI-7: Sumatera Utara, (13) XI-10: Nusa Tenggara Timur, (14) X-3: Sulawesi Selatan, (15) XI-4: Kalimantan Timur, (16) XI-1: Banten, (17) XI-9: Nusa Tenggara Barat, (18) X-2: Sumatera Barat, (19) X-7: Maluku, dan (20) XI-6: Kalimantan Barat.

Pelaksaan P5 dimulai dari tanggal 22 s.d. 26 April 2024 di lingkungan SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia. Lima hari selama pelaksanaan, masing-masing kelas berusaha untuk membuat penampilan seni dan gelar bazar makanan yang sesuai dengan tema kelasnya untuk ditampilkan di Gebyar P5.

Pada kegiatan P5 didampingi oleh Bapak/Ibu Koordinator dan Fasilitator P5. Hasilnya digebyarkan atau dipamerkan pada tanggal 26 April 2024 di Lapangan Merdeka. Karya mereka sungguh penuh kreasi dan kreatif.

Selama kegiatan P5 berlangsung, mereka turut didamping dan didukung oleh koordinator kelasnya yaitu (1) X-1 s.d. X-3: Sabdaninggar Wisnu H., S.Pd; (2) X-4 s.d. X-6: Nuzula Ilies, S.E; (3) X-7 s.d. X-9: Vinsca Sabrina Claudia, M.Pd; (4) X-10 s.d. XI-2: Yanita Perwira S., S.Pd; (5) XI-3 s.d. XI-4: Sasmiati, S.Pd., M.Pd; (6) XI-5 s.d. XI-7: Shinta Dhennis I, S.Pd., dan (7) XI-8 s.d. XI-10: Retnaviar W., S.Pd.

Pada saat Gebyar P5 berlangsung ternyata terdapat penilaian Penyaji Terbaik dan Tenant Terbaik Profil Pelajar Pancasila. Pengumuman penyaji terbaik diperoleh tiga kelas kelas yaitu (1) Kelas XI-4, (2) Kelas X-1, dan (3) Kelas X-5 dan Tenant Terbaik diperoleh tiga kelas yaitu (1) Kelas XI-5, (2) Kelas XI-8, dan (3) Kelas XI-9. (VSC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen − 1 =