Smadangawi Sukseskan Pemilihan E-Pikeltos Tahun 2023-2024

0
418
Debat Paslon. Foto : Dok. Humas Smadangawi

SMADANGAWI – Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah sebuah organisasi yang berada di tingkat sekolah menengah yaitu Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Organisasi ini diurus dan dikelola oleh siswa yang terpilih menjadi pengurus OSIS. Biasanya organisasi ini memiliki seorang ketua dan wakil ketua dari siswa serta seorang pembina dari guru yang dipilih oleh pihak sekolah.

Pelaksanaan OSIS masa bakti 2023-2024, dimulai dengan pemilihan ketua dan wakil ketuanya secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Pasangan calon (paslon) ketua (ketos) dan wakil ketua (waketos) saat ini terdapat 2 paslon. Masing-masing paslon mempunyai visi dan misi untuk OSIS ke depan.

Paslon 1: Muhammad Reno Afriansyah – XI-7 (Ketua Osis) dengan Dara Regita – XI-5 (Wakil Ketua Osis).

Visi dan Misi Paslon 1 sebagai berikut:

Visi:
Menjadikan OSIS sebagai tempat untuk menyalurkan kreatifitas dan inovasi siswa untuk kedepannya menjadi lebih baik dan aktif dalam bidang akademik maupun non akademik, selain itu juga membentuk anggotanya lebih disiplin, bertanggung jawab, dan meningkatkan soft skill yang dimilikinya

Misi :

  1. Membentuk OSIS menjadi organisasi yang bisa bekerjasama, rukun, dan menjujung tinggi nilai kekeluargaan.
  2. Bekerja sama dengan seluruh ekstrakulikuler untuk menyalurkan dan mengembangkan minat bakat siswa
  3. Mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat menjadikan siswa untuk lebih aktif dan kreatif

Paslon 2: Bintang Derindra, kelas XI-7 (Ketua Osis) dengan Saffana Atiya R., kelas XI-10 (Wakil Ketua Osis).
Visi dan Misi Paslon 2 sebagai berikut:

Visi :
Meningkatkan OSIS SMA Negeri 2 Ngawi sebagai media yang berperan aktif dalam mewadahi dan menyalurkan kreativitas serta minat bakat siswa. Mewujudkan SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia yang mampu menyesuaikan perkembangan zaman dan unggul di era globalisasi yang berlandaskan nilai nilai Pancasila

Misi :

  1. Meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan kinerja OSIS.
  2. Memaksimalkan ekstrakurikuler sebagai wadah pengembangan minat, bakat, potensi, dan kreativitas para siswa.
  3. Menjadi sarana pemersatu dan penghubung antara siswa dengan guru dan seluruh elemen di SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia.
  4. Menjalankan semua program kerja OSIS yang telah dirancang.
  5. Meningkatkan kedisiplinan, adab etika, keimanan, dan ketakwaan siswa-siswi SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia.

Jadwal pelaksanaan Pemilihan Ketos dan Waketos Masa Bakti 2023/2024 , Kampanye dan Orasi Penyampaian Visi dan Misi: 20 September 2023 berlokasi di Lapangan Olahraga dan Debat: 21 September 2023 berlokasi di Masjid Ash-Sholihin

Pemilihan, Penghitungan, dan Pengumuman Hasil Suara: 22 September 2023 berlokasi di Area Parkir Mobil. Pada era teknologi dengan diterapkannya kurikulum merdeka, teknik pemilihan calon ketua dan wakil ketua OSIS ini dilakukan dengan pengambilan suara secara daring menggunakan jaringan internet atau seringkali disebut E-Voting.

Semua pemilih warga sekolah memiliki kesempatan untuk memberikan suaranya yang sudah disediakan oleh panitia MPS (Majelis Perwakilan Siswa).

Panitia dari kesiswaan akan memberikan username dan password ke semua pemilih warga SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia. Fasilitas dalam pemilihan suara sudah disediakan oleh panitia dimulai dari pukul 07.00 – 11.00 WIB.
Saat pemilihan berlangsung terdapat hiburan musik yang langsung dipentaskan oleh para Guru dan Siswa.

Hak Suara Kepala Sekolah

Bentuk kegiatan ini sebagai bentuk pembelajaran pendidikan demokrasi melalui P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) untuk memberikan pengalaman praktis dalam pemilihan calon pemimpin yang diinginkan.

“Acara KPKO yang berlangsung dengan P5 “Suara Demokrasi” ini memberi kesan yang positif bagi saya. Kerjasama antar panitia yang baik dan teman-teman selama 3 hari sudah menerapkan cara berdemokrasi sesuai aturan yang berlaku karena dari kegiatan implementasi P5 dimaksudkan untuk siswa-siswi mampu merefleksikan dan memahami demokrasi dalam lingkup sekolah maupun dunia kerja,” ucap Ketua Panitia yaitu Awalia Syahda Nareswari dari kelas XI-8.

Hiburan

Selanjutnya, harapan untuk teman-teman di SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia dapat memberikan dampak ke depan bisa menerapkan dan menumbuhkan kemampuan untuk berekspresi dan berpendapat secara bebas tanpa memandang latar belakang dan kepercayaan. Salam Demokrasi! (VSC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − nine =