Smadangawi Taruna Indonesia Gelar Lomba Vlog Literasi Perpustakaan, Pacu Pacu Budaya Literasi Siswa

0
172

SMADANGAWI – Melihat generasi muda kesadaran literasi semakin menurun, tepat peringatan hari sumpah pemuda dan bulan bahasa pada tanggal 28 Oktober 2022 maka Perpustakaan SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia mengadakan kegiatan literasi di perpustakaan sekolah.

Harapannya dapat menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme di dalam diri para peserta didik di SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia. Selain itu, kegiatan peringatan ini berguna sebagai sarana berekspresi dan mengembangkan bakat-bakat peserta didik di bidang akademik dan non akademik.

Adapun peringatan Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda tahun 2022 maka Perpustakaan SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia menyelenggarakan Lomba Vlog Library dan Peminjam Buku Terbanyak sebagai bentuk wahana literasi di masa muda.

Kegiatan ini bukan sekedar memperingati hari sumpah pemuda dan hari lahirnya bahasa dan sastra Indonesia saja, melainkan untuk meningkatkan rasa kepedulian literasi untuk generasi muda.

Pelaksanaan lomba Vlog Literasi ini diikuti oleh kelas X dan XI SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia. Masing-masing kelas berkompetisi untuk memperebutkan penghargaan dan hadiah yang sudah disediakan oleh panitia. Mereka yang terpilih akan menjadi tiga terbesar dan satu terfavorit.

Saat pegumuman juara dan penyerahan hadiah pada tanggal 21 November 2022 di Lapangan Upacara SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia, panitia memutuskan bahwa juara 1 diperoleh kelas X-10, Juara 2 diperleh kelas XI MIPA 3, dan Juara 3 diperoleh kelas XI MIPA 2 tambah Juara Favorit diperoleh kelas XI MIPA 5.

Sedangkan, peminjam buku terbanyak pertama diraih oleh Aprillia Nur Khasanah (XI MIPA 1) dan kedua diraih oleh Ira Anggraini (X-10).

“Harapannya dengan pemberian apresiasi seperti ini dapat meningkatkan dan menumbuhkan rasa literasi oleh para siswa untuk lebih giat berkunjung ke perpustakaan SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia,” ucap Sri Kayati, S.Pd. selaku Kepala Perpustakaan.

Lebih lanjut, Kepala Perpustakaan selaku Ketua Pelaksana menambahkan bahwa acara seperti ini tetap dipertahankan dan selalu mendapat dukungan dari sekolah agar para siswa mampu untuk peningkatan literasi sejak dini. Mari wujudkan Sekolah Litersi agar mampu mencetak generasi calon pemimpin berdedikasi! Salam Literasi! (VSC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 + fifteen =