Sosialisasi Penyuluhan Hukum tentang Pencegahan Tindak Pidana Korupsi di SMA Negeri 2 Ngawi

0
317

SMADANGAWI – Kejaksaan Negeri (Kejari) Ngawi memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023 dengan kegiatan sosialisasi penyuluhan hukum tentang pencegahan tindak pidana korupsi di aula SMA Negeri 2 Ngawi.

Peringatan Hakordia dilaksanakan Selasa, 12 Desember 2023 di aula sekolah dihadiri jajaran kejari Ngawi dan diikuti perwakilan siswa sekitar 150 peserta. Bertemakan, “Sinergi Berantas Korupsi untuk Indonesia Maju.” Ini menjadi momentum yang baik bagi siswa untuk mengenal pengetahuan umum tentang hukum dan pencegahan tindak pidana korupsi.

Disampaikan oleh Erika Ricardo, S.H. dengan jabatan Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus bahwa penyuluhan hukum ini penting bagi siswa diberikan lebih dini agar mengetahui istilah hukum, tindakan melanggar hukum dan sanksi hukuman yang diberikan. Diharapkan di akhir sosialisasi penyuluhan, siswa yang mengikuti kegiatan ini dapat bertanya dan kami siap memberikan sharing jawaban.

“Siswa sesekali bisa datang berkunjung ke kantor Kejaksaan Negeri Ngawi agar tahu dan dapat bertanya tentang tugas-tugas dan jabatan apa yang ada di Kejari Ngawi,” ucap Erika Ricardo di sambutannya.

Pemateri R.A. Chalida Kustamretno H., S.H., M.H. selaku Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejari Ngawi memaparkan penanganan kasus korupsi dan pengaduan masyarakat. Dijelaskan jenis-jenis korupsi, kebijakan strategis pidana khusus, prosedur penanganan kasus korupsi di kejaksaan, perbedaan peyelidikan-penyidikan, perbedaan tersangka-terdakwa dan proses penuntutan.

Sesi tanya jawab diadakan bagi siswa sehingga beberapa siswa antusias rasa ingin bertanya pada pemateri. Siswa bertanya materi tentang perilaku masyarakat yang melakukan pelanggaran hukum dan sanksi yang diberikan. Juga kebijakan dan perlakuan pemerintah terhadap hukum yang ada di masyarakat.

Kepala SMA Negeri 2 Ngawi, Drs. Makmun Fatoni, M.Pd. menyampaikan ucapan terima kasih telah memberikan materi hukum kepada siswa Smadangawi sehingga mereka akan tahu pengetahuan dasar tentang hukum. Ini dapat memberikan manfaat bagi siswa untuk masa depan mereka dalam meraih cita-citanya.

_______
zie@humasmada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 − 2 =