Tim Dua Tangan Smadangawi Ukir Prestasi di Provinsi Jawa Timur

0
296

SMADANGAWI – Himpunan Mahasiswa Diploma Departemen Statistika Bisnis Institut Teknologi Sepuluh Nopember (HIIMADATA-ITS) Surabaya mengadakan ajang kompetisi statistika dan analisis data dalam bentuk permainan untuk tingkat pelajar SMA/sederajat di Indonesia.

Ajang kompetisi ini dikenal dengan sebutan Olympiad of Statistics Action (OLFACTION) 2021. Hal ini bermaksud untuk membangun generasi muda yang dapat memahami ilmu statistika terapan demi terwujudnya pembangunan dan pengembangan dunia industri di Indonesia. Kompetisi OLFACTION 2021 mengangkat tema “Express Your Potential with Statistics for Industrial Innovation and Economic Growth”.

Adapun kompetisi bergengsi ini diikuti oleh 113 tim dari SMA/sederajat seluruh Indonesia. Mereka harus mengikuti babak penyisihan yang dilaksanakan pada 25-26 September 2021. Mereka bersaing untuk memperebutkan di babak Semi Final pada 16 Oktober 2021.

Tim Dua Tangan dari SMADA Ngawi yang beranggotakan Naufal Rizki Fadhillah (XII MIPA 1) dan Firdaus Sofian (XII MIPA 1) lolos dari tahap penyisihan. Selanjutnya, diambil 16 Tim dari SMA/sederajat melakukan penyisihan kembali untuk memperebutkan ke tahap final.

Kegiatan semi final dilakukan berupa permainan yang dikemas dengan menarik peserta lomba yaitu Rally Games dan Questions Market. Setelah itu, dilakukan dengan sesi debat seputar statistika, bisnis, dan keuangan. Terakhir, terdapat permainan dengan analisis SWOT dari suatu perusahaan.

Selanjutnya, dari 16 Tim dari semi final terseleksi kembali menjadi 5 Tim di babak Final. Alhamdulillah, Tim Dua Tangan lolos masuk ke final. Mereka bersaing kembali untuk merebutkan juara dengan membuat infografis untuk membantu suatu instansi dengan topik tentang ekspor-impor Provinsi Jawa Timur.

Mereka disediakan data oleh panitia dengan data yang masih acak untuk dianalisis dan disajikan dalam bentuk infografis dengan durasi waktu dua jam.

Berdasarkan pengumuman dari panitia melalui Instagram @olfaction2021, Tim Dua Tangan dari SMADA Ngawi memperoleh Juara 3 dari keenam Tim SMA/sederajat dari daerah lain. Hal ini menjadi kabar gembira dari Tim Dua Tangan bisa mengalahkan dari beragam SMA di Indonesia.

“Lega dan puas! Lega karena telah bisa menyelesaikan semuanya. Puas karena mendapat ilmu baru. Membuat perencanaan mulai dari statistika, bisnis, dan keuangan hingga belum pernah saya kerjakan ini jadi tantangan tersendiri bagi saya,” ucap Naufal yang notabene siswa berprestasi di SMA Negeri 2 Ngawi.

Selanjutnya, Firdaus, siswa yang aktif di Ekstrakurikuler Pleton Inti juga memberikan rasa bahagia yang tidak terkira hingga terdapat keInginan kembali untuk mendapat juara di lomba tingkat nasional.

Akhirnya, mereka menumbuhkan semangat kembali untuk mengikuti kompetisi di “Civil Engineering Student Competition (CESC) Civil Expo 2021”, diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil, Departemen Teknik Sipil, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

Mereka mengadakan CESC sebagai kompetisi tingkat SMA/se-derajat di Indonesia pada bidang teknik sipil yang dianggap rumit menjadi ilmu yang menyenangkan dan menantang karena banyak aplikasi nyata dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari khususnya di bidang pembangunan dan infrastruktur.

Adapun CESC ini diikuti oleh 88 peserta dari Tim SMA/sederajat seluruh Indonesia. Pada tahap pertama yaitu babak penyisihan yang dilaksanakan pada 31 Oktober 2021 dengan mengerjakan soal yang didominasi Fisika dan Matematika serta materi Ketekniksipilan (Struktur, Geoteknik, Hidrologi, Transportasi, Manajemen Konstruksi).

Selanjutnya, diambil 33 Tim untuk memasuki tahap semi final dengan mengerjakan soal esai dengan materi ketekniksipilan seputar Struktur, Geoteknik, Hidrologi, Transportasi, dan Manajemen Konstruksi. Hal ini tidak menyurutkan semangat dari Tim Dua Tangan untuk berjuang masuk ke tahap final.

Lalu, dari 33 Tim terseleksi masuk ke babak final menjadi 5 Tim. Rasa syukur yang tiada terkira, Tim Dua Tangan masuk ke tahap akhir. Mereka bmelawan dari 4 tim sekolah lainnya untuk merebutkan juara. Tim dari SMADA mempresentasikan hasil temuan ilmiah tentang “Perencanaan Rumah Satu Lantai Tipe 120/180 berbasis Sustainable Construction for Better Actual Life”.

Berdasarkan pengumuman tanggal 2 Januari 2022 dari panitia Civil Expo ITS melalui Instagram @civilexpoits, Tim Dua Tangan dari SMADA Ngawi memperoleh Harapan 2 dari kelima Tim SMA/sederajat se-Indonesia. Hal ini menjadi kabar suka kembali dari Tim Dua Tangan bisa memperoleh lima besar tingkat Nasional.

“Tentu saja senang karena dapat berkompetisi di tingkat nasional, bersaing dengan sekolah lain serta poin pentingnya adalah pengalaman,” ujar Firdaus salah satu Tim Dari Dua Tangan.

Lebih lanjut, Naufal menambahkan tentang harapan setelah mengikuti ajang bergengsi ini dapat berguna dan ditularkan kepada orang-orang di sekitarnya. Selain itu, harapannya kepada teman-teman di SMA Negeri 2 Ngawi.

Jangan takut untuk mencoba hal baru. Setelah ikut kompetisi, tidak peduli menang atau kalah, semangat belajarmu akan meningkat. Dengan berkompetisi kita tahu bahwa masih banyak hal yang kita tidak tahu sehingga memotivasi kita untuk terus belajar. (VSC)

BERI KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × 2 =