Tim Intelektual Galakkan Gerakan Literasi Sekolah Setiap Pagi

0
295

SMADANGAWI – Tahun Ajaran 2023/2024 SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia sudah mulai mempertahankan dengan program IMER (Intelectual, Militery, English, and Religious). Dari keempat program tersebut, salah satu program sebagai peningkatan kualitas intelektual Taruna Taruni di SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia yaitu program intelektual.

Salah salah program intelektual yaitu Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat.

Kegiatan rutin setiap pagi ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca. Materi baca berisi nilai-nilai keagamaan, budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap jenjang atau Angkatan pada peserta didik.

Tujuan umum GLS yaitu untuk menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah agar mereka menjadi pembelajaran sepanjang hayat.

Kegiatan Literasi di SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia telah berjalan dengan baik sesuai dengan Visi dan Misi. Kegiatan ini dikelola oleh Tim Intelektual merupakan gabungan dari Guru-guru Bahasa dan Guru-guru bidang lainnya.
Setiap bulan selalu ada rekapan sebagai peningkatan dan evaluasi hasil litrasi masing-masing peserta didik.

Selanjutnya, hasil rekapan tersebut terdapat apresiasi berwujud Pelopor Literasi Peserta Didik dan Kelas. Berikut ini bentuk apresiasi GLS SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia bulan Agustus dan September yaitu memutuskan bahwa Bulan Agustus: (1) Pelopor Literasi Peserta Didik: Winda Paramita (X-7), Dinasti Novitasari (X-2), Kharisma Dwi Ardiyanti (X-10), Nadia Wahyu Christina (X-10), dan (2) Pelopor Kelas: Kelas X-2, sedangkan Bulan September: (1) Pelopor Literasi Peserta Didik: Nurma Yunika Nolalita (X-6), Gilbert Langit Ramadhan (X-6), dan Winda Paramita (X-7), dan (2) Pelopor Kelas: Kelas X-7.

“Harapannya dengan pemberian apresiasi seperti ini dapat meningkatkan dan menumbuhkan rasa literasi oleh para siswa untuk lebih meningkatkan rasa kepedulian terhadap literasi,” ucap Tjahjono Widarmanto, M.Pd. selaku Koordinator Tim Intelektual.

Lebih lanjut, GLS seperti ini tetap dipertahankan dan selalu mendapat dukungan dari sekolah agar para peserta didik mampu untuk peningkatan literasi sejak dini. Mari wujudkan Sekolah Litersi agar mampu mencetak generasi calon pemimpin berdedikasi! Salam Literasi! (VSC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 1 =