Tim Smadangawi Raih Juara 2 Ecodays Escenco Science Olympics Tahun 2023

0
338

SMADANGAWI – Ecodays Escenco Science Olympics merupakan suatu kegiatan kompetisi berbentuk cerdas cermat tingkat SMA/SMK se-derajat Teknik Kimia Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir cerdas dan cepat menjawab persoalan serta permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi Ilmu Pengetahuan Alam.

Adapun kompetisi cerdas cermat ini diikuti oleh peserta siswa dan mahasiswa aktif dari seluruh indonesia. Oleh karena itu, Tim SMADA Ngawi terdiri dari Hafiz Azzahron (XI MIPA 3) dan Azalia Raffa Tsabitha (XI MIPA 5) mengikuti kompetisi Cerdas Cermat SMA pada tanggal 8 – 11 November 2023.

Babak penyisihan dilakukan pada tanggal 13 Agustus 2023 dengan mengerjakan soal pilihan ganda. Setelah lolos, masuk ke tahap semi final pada tanggal 24 September dengan mengerjakan soal secara daring berbentuk esai.

Dua tahap ini dilaksanakan melalui Zoom. Setelah melalui tahap semifinal, mereka lanjut ke tahap final pada tanggal 25 – 29 Oktober 2023 dengan melalui tiga babak, yaitu Pick Your Fate, Fast and Firious, dan Game Over.

Berdasarkan melalui tahap penskoran yang diumumkan oleh panitia pada tanggal 11 November 2023 di Fakultas Teknik maka Tim dari SMA Negeri 2 Ngawi memperoleh juara 2.

“Tentu saja kami tidak menyangka akan lolos sampai final bahkan mendapatkan juara 2. Apalagi ini meruapakan pengalaman pertama kami mengikuti lomba dengan bidang mata Pelajaran eksakta. Awalnya kami pesimis hingga tetap berusaha dengan giat hingga akhirnya dinyatakan ke tahap babak final. Kami senang dapat bertemu dan kenal dengan banyak Kakak-Kakak dari Universitas Sebelas Maret hingga seluruh Indonesia dengan mengikuti kompetisi dengan bidang yang berbeda-beda,” ucap Azalia sebagai salah satu dari Tim SMADA.

Lalu, Hafiz sebagai anggota rekannya menambahkan jika mengikuti kompetisi seperti ini jangan merasa tertekan bahkan bisa sebagai ajang untuk mencoba dan mengevaluasi diri.

Pemerolehan Juara 2 ini tidak mengurungkan semangat untuk lebih giat belajar lagi agar bisa mengharumkan almamater SMA Negeri 2 Ngawi dan bisa lebih untuk mengikuti lomba yang berkelas tingkat Nasional. Salam Juara! (VSC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen − four =