Alumnus Ajak Taruna-Taruni Smadangawi Membangun Kebiasaan Keteladanan untuk Masa Depan

0
55

SMADANGAWI – Pembiasaan merupakan proses pendidikan yang berlangsung dengan membiasakan anak didik untuk bertingkah laku, berbicara, berpikir dan melakukan aktivitas tertentu. Pembiasaan juga turut andil dalam kegiatan pembelajaran.

Keteladanan dan pembiasaan sangat dibutuhkan untuk psikologis peserta didik sebagai langkah untuk membentuk perilaku atau karakter.

Dengan melihat kondisi taruna-taruni untuk menunjang masa depan, maka Tim Intelektual menghadirkan Alumnus bekerja di bidang profesi pengajaran di berbagai bidang pengetahuan.

Adapun alumnus yang hadir pada acara “Talkshow Motivasi Cita-Cita bersama Alumnus SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia” yaitu Ir. Sugeng Riyono.

Beliau merupakan alumnus SMPP (Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan) tahun 1983 dari awal mula diresmikan menjadi SMA Negeri 2 Ngawi. Setelah lulus SMPP, Beliau melanjutkan di Offshore Enginering Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya tahun 1988. Selanjutnya, bekerja sebagai Welding Inspector American Welding Society, Crane Inspector, Inspektur Pesawat Uap dan beberapa bidang keselamatan kerja dan lingkungan.

Dengan mengadakan acara seperti ini, SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia dapat memberikan pengetahuan dan mengajarkan tentang tingkah laku sebagai pembiasaan yang sulit untuk diubah agar nanti dalam kehidupan sehari-hari mereka menjadi lebih baik.

Talkshow Motivasi Cita-Cita bersama Alumnus dilaksanakan pada hari Jumat, 11 November 2022 di Aula Siswa SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia. Acara ini diikuti oleh peserta berjumlah sekitar 150 siswa. Mereka begitu antusias mendengarkan motivasi tentang “Membangun Kebiasaan Keteladanan” yang diberikan pembicara hingga terdapat antusias bisa menjawab pertanyan yang diberikan.

Dok. Humas Smadangawi

“Kita telah lebih paham ilmunya! Siapa menunjukkan kepada kebajikan, baginya semisal pahala orang yang mengerjakannya. Banyak cita-cita terwujud, banyak yang tertunda! Kita berusaha terbaik, selebihnya Tuhan yang menentukan,” ungkap Bapak Sugeng saat memberikan motivasi kepada adik-adiknya.

Pada akhir talkshow, SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia memberikan kenang-kenangan sebagai bentuk penghargaan dan kerjasama alumni yang sudah meluangkan waktunya untuk kembali ke sekolahnya.

Selanjutnya, Bapak Sugeng juga menghibahkan beberapa Al-Quran kepada SMA Negeri 2 Ngawi sebagai wujud rasa rindu dan sayang kepada keluarga yang sudah dianggap sebagai keluarga sendiri.

Lebih lanjut, Bapak Tjahjono Widarmanto, M.Pd. sebagai Koordinator Intelektual menambahkan bahwa acara Talkshow seperti ini harus berlanjut sampai tuntas. Harapannya mampu bisa memberikan motivasi secara pelatihan sumber daya manusia tentang kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. Semoga sukses untuk acara selanjutnya! (VSC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two − one =