Kembangkan Pendidikan Demokrasi Sejak Dini Melalui Kegiatan P5 Bertema Suara Demokrasi

0
2439

SMADANGAWI — Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka merupakan sebuah kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter profil pelajar Pancasila untuk siswa SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia. Pada P5 ini untuk kelas X sedang memasuki tema pertama Fase E sedangkan kelas XI sudah memasuki tema keempat Fase F.

Terkait dengan penerapan P5, pada tahun ajaran 2023/2024 menerapkan pada tema “Suara Demokrasi” dengan memfokuskan “Wujudkan Demokrasi Dengan Santun dan Cerdas”.

Tema ini memiliki dimensi berkebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif. Proyek yang dibuat adalah hasil dari partisipasi mengikuti kegiatan Pemilihan Calon Ketua dan Wakil Ketua Osis Masa Bakti 2023/2024 yang dilaksanakan dari tanggal 20 s.d. 22 September 2023 di lingkungan SMA Negeri 2 Ngawi Taruna Indonesia.

Tiga hari selama pelaksanaan, terdapat hasil karya poster bentuk dukungan sesuai Paslon yang dipilih. Karya mereka sungguh penuh kreasi dan kreatif.

Selain itu, ada juga proyek poster dalam bentuk poster tempel, poster digital, poster cetak, dan lain-lain. Selanjutnya, saat kegiatan P5 didampingi oleh Bapak/Ibu Koordinator dan Fasilitator P5. Antusiasme warga sekolah pun merebak ke seluruh penjuru sekolah.

Harapannya untuk memberikan pendidikan demokrasi kepada peserta didik khususnya kelas X dan XI yang sudah memasuki usia 17 tahun nanti dapat menggunakan hak pilih mereka dalam PEMILU yang akan datang. Selain itu, mereka dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter selama berproses antara lain berkebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.

Selama kegiatan P5 berlangsung, mereka turut didamping dan didukung oleh koordinator kelasnya yaitu (1) X-1 s.d. X-3: Sabdaninggar Wisnu H., S.Pd; (2) X-4 s.d. X-6: Nuzula Ilies, S.E; (3) X-7 s.d. X-10: Vinsca Sabrina Claudia, M.Pd; (4) XI-1 s.d. XI-2: Yanita Perwira S., S.Pd; (5) XI-3 s.d. XI-5: Sasmiati, S.Pd., M.Pd; (6) XI-6 s.d. XI-7: Shinta Dhennis I, S.Pd., dan (7) XI-8 s.d. XI-10: Retnaviar W., S.Pd.

Harapannya dengan pemilihan tema Suara Demokrasi yaitu “Wujudkan Demokrasi dengan Santun dan Cerdas” diharapkan siswa berperan aktif dalam mmeberikan suara aspirasi atau sura demokrasi ini agar mampu merefleksikan makna dan memahami implementasi demokrasi dalam lingkup organisasi sekolah maupun kondisi sebenarnya di lingkungan masyarkat atau dunia kerja. (VSC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 3 =