Sastrawan Kecil dari Smada Lolos Seleksi Kabupaten, Menuju ke Tingkat Provinsi

0
152

SMADANGAWI – Lomba Cerita bernuansa Islam atau dikenal dengan sebutan CERIS diadakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur bagi siswa SMA/SMK se-derajat. Adapun program ini untuk mewujudkan “1000 Penulis Pemula” sebagai kegiatan Lomba Menulis CERIS di tingkat Satuan Pendidikan.

Tujuan diselenggarakannya lomba CERIS adalah untuk menyediakan wahana pengembangan bakat dan minat siswa dalam bidang Literasi Islam. Terkait kegiatan ini juga mewujudkan “10.000 Penulis Pemula” dalam kurun waktu 2020 s.d. 2024 oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan lomba ini dilaksanakan di tingkat Provinsi, namun pada tahap seleksi karya yang berkualitas maka pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota mengirimkan peserta maksimal dua orang. Lomba CERIS ini sebagai pengalaman pertama Zahwa – biasa teman-teman memanggilnya di sekolah. Dia tercatat siswa kelas XI MIPA 4 serta aktif di kegiatan ekstrakurikuler Tifa di SMA Negeri 2 Ngawi.

Kegiatan lomba dilaksanakan secara daring yang diadakan oleh Departemen Agama Kabupaten Ngawi langsung dikuti oleh beragam peserta SMA/SMK Negeri maupun swasta. Ditegaskan oleh Zahwa, pendaftaran dan pengumpulan karya lomba pada tanggal 20 Oktober 2021. Penilaian tim juri dilaksanakan 26 Oktober 2021. Lomba ini dari Tim SMADA Literasi terpilih dua anak yang maju tingkat Kabupaten.

Akhirnya, saat pemenang lomba diumumkan (26/10/2021) melalui Grup MGMP PAI SMA/SMK Kabupaten Ngawi membuat Zahwa hampir tidak percaya bisa meraih juara 2 hingga bisa lolos ke tingkat Kabupaten hingga terpilih untuk maju ke tingkat Provinsi.

“Semoga selalu bisa mengembangkan bakat menulis saya dan memberikan yang terbaik bagi orang-orang yang ada di sekitar,” ucap Zahwa.

Lebih lanjut, “Jangan takut gagal untuk mencoba hal baru seperti menulis. Lakukan yang menurut teman-teman bagus. Gagal di awal tidak masalah. Justru dengan kegagalan, kita bisa menjadi dewasa, dan bisa memperbaiki semua kesalahan yang diperbuat.”

(vsc)

BERI KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight − one =